Pemdes Lombok Barat Prioritaskan Pengadaan Air Bersih

oleh -1 views

Reporter : Fadel

Plano, Lombok Barat – Program pengadaan air bersih menjadi prioritas Pemerintah Desa (Pemdes) Lombok Barat, Kecamatan Tinombo sejak tahun 2019.

Demikian disampaikan Kepala Desa (Kades) Lombok Barat, Saprin kepada Beritaplano.com saat ditemui beberapa waktu lalu.

“Biasanya warga hanya menggunakan sumur yang harus digali lebih dalam lagi, apalagi tidak semua ada sumur untuk mandi, cuci, atau masak,” ujar Saprin.

Menurutnya, tahun ini pihaknya memprogramkan pengadaan air bersih di Dusun 6 melalui pemanfaatan Dana Desa (DD), sedangkan untuk dusun lainnya juga telah dimulai pengadaan air bersih melalui program Pamsimas dari Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong.

“Dusun lain telah kami lakukan pengadaan air bersih sejak tahun lalu, semoga tahun ini semua sudah terealisasi, sehingga warga tidak kesulitan lagi mendapat akses air bersih,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi pagu anggaran Desa Lombok Barat untuk tahun anggaran 2020/2021 ini sebesar Rp 1.724.197.000 dan merupakan desa kedua setelah Desa Ogoalas yang mendapat porsi besar dalam kucuran dana desa di Kecamatan Tinombo. “Dengan porsi Dana Desa yang besar, kami akan fokus di program pemberdayaan salah satunya penanganan stunting, dimana pengadaan air bersih ini juga berkaitan dengan hal itu,”pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *