Pemdes Dusunan Kembangkan Wisata Kuliner di Kawasan Pantai Songka

oleh -0 views
Pembangunan empat unit gazebo untuk wisata kuliner di Desa Dusunan (Foto:Fadel)

Reporter : Fadel


PLANO, Tinombo – Tak mau ketinggalan dengan daerah lain, Pemerintah Desa (Pemdes) Dusunan, Kecamatan Tinombo juga mencoba mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya. Salah satunya dengan pembangunan obyek wisata kuliner yang terletak di Pantai Songka, Dusun 2 Desa Dusunan.


Kepada BeritaPlano.com, Sekretaris Desa (Sekdes) Dusunan, Muhamad Rizal mengatakan pembangunan obyek wisata kuliner tersebut saat ini tengah berjalan , dan anggarannya dibiayai melalui Dana Desa (DD).


“Kita bangun sebanyak empat unit gazebo kuliner, nantinya pengunjung dapat bersantai di gazebo tersebut sambil menikmati santapan kuliner serta pemandangan pantai,” ujarnya, saat ditemui, Senin (13/10/2019).

Untuk penempatan pedagang kuliner yang akan menempati obyek wisata tersebut, pihak Pemdes Dusunan juga telah menyiapkan gerobak untuk pedagang yang berjualan,dan akan membuat aturan dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes) dengan terlebih dahulu melakukan rapat koordinasi bersama warga dan pedagang.


“Saat ini sudah banyak yang mendafta, namun harus kita rapatkan dulu agar mendapat kesepakatan bersama,” tuturnya.


Diharapakan, dengan adanya obyek wisata kuliner tersebut, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD), karena yang akan mengelola yaitu pihak desa sendiri.


“Kita akan lihat, kalau semakin berkembang mungkin tahun depan akan kita tambah unit gazebo kulinernya. Rencananya akan kita tambahkan Fasilitas Banana Boat atau Jet Ski supaya pengunjung tidak bosan,” tambahnya.


Informasi yang dihimpun BeritaPlano.com, dari papan proyek pengerjaan, bahwa kegiatan pembangunan obyek wisata kuliner tersebut berlokasi di Dusun 2 Desa Dusunan, dengan volume 4 unit gazebo kuliner, nilai anggaran Rp. 109.400.000 bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2019, serta waktu pelaksanaan selama 90 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *