Pemdes Bambalemo Alokasikan Rp 160 Juta Untuk Program Lawan Covid-19

oleh -7 views
Kepala Desa Bambalemo, Irfan. (Foto: Eli Leu)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Pemerintah Desa Bambalemo Kecamatan Parigi mengalokasikan Rp 160 juta untuk program lawan covid-19. Hal itu mengacu pada surat edaran Mentri Desa, yang menginstruksikan agar pemerintah desa membentuk tim relawan desa dan menganggarkan pembiayaanya lewat dana desa.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Bambalemo Irfan Adnan, kepada beritaplano.com, Rabu kemarin. Dikatakannya, anggaran Rp 160 juta tersebut digunakan untuk pencegahan penyebaran covid-19 di desa dan bantuan sembako untuk menopang kebutuhan rumah tangga selama masa pandemi.

“Sesuai edaran dari Kementrian Desa kami membentuk tim relawan Lawan Covid-19, kami alokasikan anggaran Rp 160 Juta itu untuk pencegahan seperti penyemprotan disenfektan, insentif petugas tim relawan desa dilapangan, pembelian bahan desinfektan, termasuk karena  ada dampak ekonomi kita akan bagikan bantuan sembako,” ungkapnya.

Irfan mengatakan, saat ini pihaknya sementara dalam tahap pendataan warga agar diketahui berapa jumlah paket  sembako yang dibutuhkan. Selain itu kata dia, pihaknya juga mendata warga yang pra sejahtera yang bukan penerima PKH akan diberikan bantuan langsung tunai.

“Kami belum bisa laksanakan karena menunggu turun anggaran desa, tetapi semua sudah terencana dengan baik. Meski sedikit-sedikit, tetapi kami usahakan rakyat  harus terbantu dimasa-masa pandemi  ini, sebab semua orang terkena dampaknya, baik dia ASN ataupun nelayan,” tandasnya.

Lanjut dia, teknis pembagian sembako akan dibagikan untuk semua warga tidak soal apa pekerjaannya. Hanya saja kata dia, jumlah besaran bantuan yang berbeda karena tingkat ekonomi masyarakat bervariasi.

“Wabah ini bencana dan semua kena dampak, jadi sembako kami bagi untuk semua warga. Ada 684 KK di Desa Bambalemo, Insya Allah pemerintah berusaha membantu di masa-masa sulit ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *