Pemda Parigi Moutong Gunakan Sistem Informasi Data Pembangungan Berbasis Web

oleh -
foto : humas Pemda

Parigi Moutong – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong telah menggunakan sistem informasi data pembangunan berbasis website. Guna mendukung hal itu, Pemda Parigi Moutong melatih penggunaan website ini pada sejumlah OPD terkait.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Asisten I Pemerintahan Umum dan Kesra Drs.H.Samin Latandu, berlangsung di aula rapat kantor Bappelitbangda, kamis (27/5/2021).

Terkait itu, Kepala Bappelitbangda Irwan, S.KM,M.Kes mengatakan, sistem berbasis Web ini untuk memetakan apa saja potensi yang terkait dengan potensi daerah di Parigi Moutong.

Irwan berharap, dengan adanya pemetaan ini maka nantinya akan mudah mengetahui potensi daerah yang ada di wilayah Parigi Moutong dan juga untuk melakukan perencanaan. Hal itu kata ia, bermuara pada peningkatan perekonomian.

Sementara itu, Nur Novianti Bandha,SH selaku Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda menambahkan, terkait sistem informasi ini pihaknya telah berkonsultasi ke Bapenas, dan Bapenas menyarankan harus membuat perangkat lunak (software) tentang data perencanaan.

Kata Novi Bandha, jika software itu dibuat nantinya siapapun bisa saja mengakses atau melihat data potensi potensi daerah Parigi Moutong.

Outputnya disampaikan oleh Novi Bandha, dari pemetaan yang ada, bisa meningkatkan ekonomi dari berbagai sektor di kabupaten Parigi Moutong.

“Awalnya aplikasi ini hanya spesifik untuk kerawanan pangan dan kesehatan saja, akan tetapi lanjutan setelah kami dari Bappelitbangda Parigi Moutong melakukan konsultasi lagi ke bapenas, dan dari hasil pertemuan kami ke bapenas, bapenas menyarankan untuk dikembangkan lagi lebih lanjut, ” tuturnya.

Kata Novi, setelah sistem informasi data perencanaan pembangunan daerah ini selesai dilaksanakan kemudian akan dilanjutkan lagi dengan monitoring serta evaluasi.

“Itu untuk mengetahui seperti apa saja pembangunan di Parigi Moutong kedepannya, ” tutupnya. (SUMBER : HUMAS PEMDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.