Pemda Parimo Mutakhirkan Data Kemiskinan

oleh -77 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, telah melakukan pemutakhiran data kemiskinan. Data tersebut akan menjadi acuan dalam setiap pemberian bantuan sosial pemerintah. Data yang disebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)  Parigi Moutong, diketahui kini berada pada angka 52.315 jiwa.

Terkait itu, Kepala Bidang Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, Novi Banda mengatakan, angka tersebut adalah hasil dari kesepakatan pada rapat kordinasi yang dipimpin oleh Wakil Bupati Parigi Moutong yang dihadiri sejumlah OPD terkait, belum lama ini.

“Pada rapat kordinasi tersebut, menyepakati satu data kemiskinan kabupaten, data itu yang akan digunakan untuk semua intervensi program penanggulangan kemiskinan, juga  stunting, dan penanganan dampak covid seperti bantuan sosial contohnya BLT,” bebernya.

Novi melanjutkan, data itu bersumber dari basis data terpadu tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), juga data yang diverifikasi dan validasi oleh desa.

“Data yang sudah kami kompilasi itu, kemudian sudah diserahkan ke Dinas PMD yang  kemudian diteruskan ke desa-desa untuk diverifali  kembali oleh desa,” tandasnya.

Kata dia, apabila ada ketambahan data dari desa, Kepala Desa bisa mengajukan data tambahan tersebut dalam format yang sama kemudian diajukan ke Dinas PMD untuk dikordinasikan juga dengan Bapelitbangda dan Dinas Sosial.

Novi berharap, semua pihak mengacu pada DTKS yang sudah disepakati tersebut untuk setiap program penanggulangan kemiskinan.

Diketahui, rapat kordinasi yang dipimpin Wakil Bupati H.Badrun Nggai tersebut, selain dihadiri OPD terkait juga dihadiri Forkompinda seperti Kepolisan dan Kejaksaan dan Inspektorat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *