Pelaku Usaha Diminta Mengurus Izin Guna Mendapatkan Kepastian Hukum

oleh -2 views
Foto Humas Pemda Parimo

PLANO, Parigi Moutong – Para pelaku usaha diminta bekerja sama untuk menunaikan kewajibannya, diantaranya harus mengurus izin usaha guna mendapatkan kepastian hukum.

Hal itu disampaikan Bupati Parigi Moutong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sektretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, dr. Agus Suryono Hadi saat membuka sosialisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Target Investasi di Kabupaten Parigi Moutong, bertempat di ruang rapat lantai II kantor bupati Parigi Moutong. Kamis, (14/11/2019).

dr Agus menyampaikan, bahwa pendapatan hasil dari daerah merupakan bagian dari pendapatan daerah yang bersumber dari potensi di dalam daerah itu sendiri dan dipergunakan untuk keperluan daerah berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Lanjut dia, pendapatan asli daerah antara lain bersumber dari hasil pajak daerah, hasil retribusi serta hasil pengelolaan kekayaan daerah, adapun sektor realisasi pendapatan asli daerah Kabupaten Parigi Moutong adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), surat izin usaha perikanan yang bersifat pribadi, dan izin trayek yang bersifat pribadi.

“Dari sektor PAD diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan menjadikan sumber utama pendapatan daerah dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan daerah sesuai dengan kebutuhannya demi Parigi Moutong yang lebih baik, ”ucap dr Agus.

Selain itu kata dia, sektor PAD itu sendiri merupakan alternatif untuk memperoleh dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan daerah

“Hal ini juga berguna untuk meningkatkan PAD dan pencapaian target investasi Kabupaten Parigi Moutong sebagai retribusi daerah untuk menopang pembangunan daerah,” ujarnya.

Nur Haeda Sari, selaku ketua panitia pelaksana yang juga menjabat sebagai Kepala bidang pengaduan dan kebijkan layanan perizinan dan non perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu melaporkan, bahwa sosialisai ini dilaksanakan dengan tujuan agar pelaku usaha lebih memahami akan pentingnya pengurusan perizinan dalam melaksanakan sebuah usaha guna mendapatkan kepastian hukum sehingga akan berefek pada peningkatan PAD dan pencapaian target Investasi di Kabupaten Parigi Moutong.

VKegiatan yang dilaksanakan di Aula lantai II Kantor Bupati Parigi Moutong ini diikuti oleh 100 pelaku usaha dari berbagai bidang seperti bidang perdagangan, bidang perikanan, bidang pertanian, koprasi, UMKM, tenanga kesehatan, bidang parawisata dan anggota tokoh masyarakat dan dinas tekhnis (Humas Parigi Moutong).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *