Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 23 Agu 2020

Pelaku UKM Berperan dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan


 Pelaku UKM Berperan dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan ( Foto: Istimewa) Perbesar

Pelaku UKM Berperan dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan ( Foto: Istimewa)

Beritaplano, Parigi Moutong – Pelaku usaha mikro bisa berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Parigi Moutong, Ir. Sitti Wahyuni Borman, saat menutup pelatihan pengolahan makanan/minuman berbahan baku buah dan tehnik visualisasi dalam pemasaran bagi pelaku usaha mikro.

banner DiDisdik

Sitti Wahyuni mengatakan, UKM perlu disiapkan untuk menyokong ibukota baru khususnya dalam sektor ketersediaan logistik, Dinas Koperasi dan UKM sebagai salah satu Tim Ekonomi bentukan Bupati, akan melakukan pembinaan dan menyiapkan pelaku usaha untuk menggali segala potensi yang dimiliki agar mampu memproduksi bahan pangan olahan yang diminati dan dibutuhkan oleh pasar di ibu kota Negara yang baru.

“Tentu produknya harus lebih berkualitas, termasuk desain dan kemasannya yang harus memenuhi standarisasi dan sertifikasi produk yg dipersyaratkan,” ujar Sitti Wahyuni Borman.

Dia menambahkan, ilmu pengetahuan, pengalaman serta keterampilan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan harus dimanfaatkan para peserta untuk peningkatan usahanya.

“Melalui kegiatan ini, dapat memberikan para peserta inspirasi dan motivasi guna peningkatan usahanya dan bisa bersaing dipasaran,” ujarnya.

banner Dinas Kesehatan

Dikatakannya, Dinas Koperasi akan berupaya semaksimal mungkin untuk membuat progam lanjutan yaitu perbaikan data base, berupa sistem informasi data pelaku UKM di seluruh wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami juga akan berupaya untuk mengadakan pembinaan, bantuan modal produktif maupun peralatan bagi pelaku UKM demi mendorong peningkatan kualitas produk pelaku usaha mikro, dan akan membantu para pelaku usaha mikro untuk standarisasi  Produk, Hak Merek, HAKI dan Sertifikasi Halal agar lebih mudah pemasaran produknya secara online,” tuturnya.

Penutupan pelatihan pengolahan makanan/minuman berbahan baku buah dan tehnik visualisasi dalam pemasaran bagi pelaku usaha mikro ditandai dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan piagam penghargaan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ir. Sitti Wahyuni Borman, M.Si bersama Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Ardin Haerolah.

Kegiatan ini ditutup Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Parigi Moutong, Ir. Sitti Wahyuni Borman, M.Si bertempat di Gedung pertemuan Hotel Oktaria Sabtu 22 Agustus 2020. (Sumber : PPID Kabupaten Parigi Moutong)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan