Paripurna Penjelasan Bupati Atas APBD -P 2020 Hanya Dihadiri 12 Anggota DPRD

oleh -
Paripurna Penjelasan Bupati terhadap APBD P 2020 (Foto : Eli)
Liputan : Eli Leu

Beritaplano, Parigi Moutong – Alasan pandemi covid-19, tata tertib terkait jumlah kehadiran anggota DPRD dalam sebuah rapat Paripurna dilanggar. Paripurna Penjelasan Bupati atas APBD Perubahan tahun anggaran 2020, senin (21/9/2020) tetap dilanjutkan meski hanya dihadiri 12 anggota DPRD.

Hal itu dilakukan atas pertimbangan dan saran beberapa anggota DPRD, diantaranya Alfrets Tonggiroh. Dikatakannya, pandemi covid-19 harus disikapi dengan arif dan bijaksana, sebab Indonesia saat ini menjadi negara yang sangat tinggi kasusnya.

“Meski tidak kuorum diminta tetap lanjut, karena kondisi ini kita tidak harus mempertimbangkan jumlah kuorum perdasarkan tata tertib sebab ini kondisi mendesak. Sambil kita merevisi tatib,” ujar politisi PDI Perjuangan Parigi Moutong itu.

Demikian halnya H.Suardi, dikatakannya dalam keadaan darurat aturan kuorum bisa dimaklumi. Apalagi kata dia, jarak duduk tamu OPD yang tidak punya jarak karena ruangan yang sempit.

“Kita jangan lama kumpul-kumpul seperti ini. Kasian yang OPD, jadi tolong sampaikan inti sari saja,” sarannya.

Senada itu, H.Masrin M Said juga memberikan pertimbangan yang sama namun tetap menekankan perubahan tata tertib.

Wakil Ketua DPRD Faisan Badja yang mempimpin Paripurna Penjelasan Bupati tersebut, melanjutkan Paripurna atas persetujuan semua anggota DPRD yang hadir.

Wakil Bupati Badrun Nggai yang membacakan penjelasan Bupati mengatakan, bencana nasional non alam (covid-19) menjadikan perubahan kerangka ekonomi daerah sehingga mempengaruhi program tahun 2020. Berdasarkan beberapa aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat, daerah wajib melakukan refocusing anggaran untuk mendukung penanganan covid-19 tersebut dan hal itu terbaca pada pembiayaan program tahun 2020 ini.

Pantauan media ini, Paripurna yang dibuka sekitar pukul 11.00 berakhir pukul 11.41.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *