OPD Tertib Arsip Melalui SIKD

oleh -5 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, mengimbau seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) agar terus melakukan kemajuan tertib kearsipan Kabupaten Parigi Moutong melalui Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD).

Hal itu diungkapkannya pada saat membuka Workshop Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD) tentang tertibnya data arsip di tahun 2020 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, di ruang pertemuan Dispusaka, Rabu (4/12/2019)

Badrun Nggai mengatakan pentingnya tertib arsip diseluruh jajaran OPD akan sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanannya. Apalagi kata dia, era modern yang dituntut untuk mampu mengikuti kemajuan teknologi.

“saya berharap khususnya peserta Workshop SIKD minimal dapat mampu mengoperasikan komputer karena dalam mempermudah pencarian data seorang pegawai harus mengetahui perkembangan teknologi dan meningkatkan pengetahuan informasi teknologi (IT),”tuturnya.

Dia juga menambahkan, semua pegawai di jajaran OPD harus meningkatkan kemampuannya dalam mengelolah informasi di OPDnya sendiri karena pelayanan informasi data kepada masyarakat juga tentu didukung data arsip yang baik.

Apalagi kata dia, Kabupaten Parigi Moutong baru saja mendapatkan penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang diserahkan oleh  Ombudsman, sehingga harus terus dipertahankan.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemanfaatan Arsip Dispusaka Parigi Moutong F. Eny Susilowati, melaporkan bahwa peserta Workshop SIKD diikuti 29 peserta perwakilan dari beberapa OPD.

Eny Susilowati juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Workshop SIKD di Parigi Moutong untuk menuju tertibnya kearsipan ditiap OPD pada tahun 2020.

“Untuk menuju tertib arsip ditahun 2020 akan ada Pemusnahan arsip data nantinya, khususnya data yang sudah diverfikasi dari 18 tahun kebawah,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *