Nadiem Luncurkan Program PembaTIK 2021 Diikuti 75.000 Guru

oleh -
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

Berita Nasional – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, meluncurkan program bimbingan teknis (bimtek) pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (PembaTIK) tahun 2021 yang ditargetkan untuk 75.000 guru di seluruh Indonesia.

PembaTIK telah menjadi program unggulan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejak 2017. PembaTIK semakin relevan di tengah kebutuhan pembelajaran berbasis TIK karena pandemi Covid-19.

“PembaTIK telah diikuti 70.300 guru di seluruh Indonesia pada 2020. Untuk tahun ini, kami targetkan 75.000 guru yang mengikuti bimbingan teknis ini,” kata Nadiem secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Mendikbud mengatakan para guru yang mengikuti program PembaTIK akan melalui 4 tingkatan yaitu literasi TIK, implementasi TIK, kreasi TIK, dan terakhir, berbagi dan berkolaborasi untuk menghasilkan materi pembelajaran.

“Teknologi dari hari ke hari semakin tidak bisa diubah dari dunia pendidikan. Kami merespons hal tersebut dengan menjadikan digitalisasi sekolah sebagai salah satu prioritas Merdeka Belajar,” ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan pandemi Covid-19 telah membuktikan besarnya peran teknologi untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap mendapatkan pendidikan karena pembelajaran tatap muka tidak mungkin dilakukan. Mendikbud mendorong guru dan tenaga kependidikan agar terus meningkatkan kemampuan literasi digital.

Mendikbud menambahkan program PembaTIK sejalan dengan rancangan UNESCO untuk meningkatkan kompetensi guru pada bidang TIK. Caranya dengan memanfaatkan media portal Rumah Belajar.

Dilansir dari Beritasatu.com  PembaTIK 2021 mengusung tema “Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar” sebagai kelanjutan dari program yang sama pada 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.