Menu

Mode Gelap

Kabar Desa · 13 Feb 2020

Musrenbang Kecamatan Tinombo, Didominasi Usulan Pembangunan Infrastruktur


 Musrenbang Kecamatan Tinombo, Didominasi Usulan Pembangunan Infrastruktur Perbesar

Reporter : Fadel

banner DiDisdik

PLANO, Tinombo – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tinombo tahun 2020, digelar Rabu (12/2/2020) di gedung serba guna Tinombo. Musrenbang tersebut, menghasilkan sejumlah usulan dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Tinombo.

Pantauan BeritaPlano.com sejumlah usulan dari Pemerintah Desa (Pemdes) Kecamatan Tinombo tersebut masih didominasi oleh usulan pembangunan infrastruktur atau fisik.

Adapun sejumlah usulan tersebut diantaranya pengaspalan jalan, pembangunan tanggul dan drainase, pembangunan rumah layak huni, pembangunan rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) bagi desa pegunungan, serta pembangunan sarana olahraga.

“Kami mengusulkan agar Pemkab Parimo dapat memprioritaskan perbaikan deker di desa kami yang sering menyebabkan banjir kalau hujan deras, apakah bisa pembiayaannya lewat daerah atau pusat,” ujar Kepala Desa Silabia, Desy Afrianti dalam pengusulannya.

banner Dinas Kesehatan

Sementara itu Pemdes Lombok, yang diwakili Sekdes Lombok, Abdul Halid Djumpeter mengusulkan pembangunan tanggul penahan banjir serta penbangunan sarana olahraga desa.

“Kedua hal ini kami usulkan agar bisa dibiayai oleh Pemkab Parimo khususnya OPD terkait,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Bappelitbangda Parigi Moutong (Parimo), Nur Noviyanti mengatakan semua usulan pembangunan infrastruktur akan ditampung, namun dirinya menyoroti masih sedikit desa yang mengusulkan pembangunan di bidang ekonomi ataupun pemberdayaan masyarakat seperti pengelolaan ekonomi desa, pertanian, peerikanan, pendidikan, ataupun kesehatan.

“Padahal kalau kita mengacu pada visi Parigi Moutong yaitu Parimo Cerdas yang berbasis pendidikan, ataupun Parimo Khatulistiwa yang berbasis pengelolaan agrowisata dan pertanian desa ada banyak hal yang bisa diusulkan oleh desa kepada OPD terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakannya semua usulan yang dihasilkan dari Musrenbang tingkat kecamatan tersebut nantinya akan dibawa ke musyawarah Forum OPD tingkat Kabupaten Parigi Moutong sebelum nantinya akan difinalisasi dalam musrenbang tingkat kabupaten.

“Output dari pelaksanaan musrenbang ini adalah RKPDes dimana ini masih rencana awal dan akan disinkronisasi dengan rencana pembangunan kabupaten melalui musrenbang tingkat Kabupaten,” paparnya.

Selain beberapa unsur Pemdes se Kecamatan Tinombo, musrenbang yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Tinombo tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Anggota DPRD Parimo, perwakilan OPD Pemkab Parimo, dan pendamping desa se Kecamatan Tinombo.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan