Mr.Jhon Fleming : Kegiatan Kemanusiaan Lebih Baik Dimulai dari Tingkat Bawah

oleh -3 views
Doc : PMI

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Delagasi Internasional Federasi Red Cross (IFRC) dari Negara Australia, Mr. Jhon Fleming mengatakan, program-program dan kegiatan kemanusiaan akan lebih baik jika dimulai dari tingkat bawah, agar lebih sesuai dengan kebutuhan.

Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus PMI Kecamatan Sausu sampai dengan Kecamatan Kasimbar, sekaligus Pembukaan Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama (P2) di Indoor Kantor Bupati Parigi Moutong, Selasa,(12/11/2019).

Mr. Jhon Fleming menambahkan, bahwa IFRC telah gencar melakukan dukungan kemanusiaan di wilayah-wilayah terdampak bencana yang ada di Indonesia, termasuk Wilayah Parigi Moutong.

“Disini juga menjadi wilayah dukungan IFRC pasca bencana alam tahun 2018 yang lalu,” ujar Fleming melalui penerjemahnya.

Selanjutnya, dia juga mengucapkan terimakasih kepada Pengurus PMI kabupaten Parigi Moutong yang telah menyambutnya dan memberikan kesempatan untuk melakukan monitoring, serta mengucapkan selamat kepada pengurus kecamatan yang baru dilantik.

Sementara itu, Sambutan Bupati yang dibacakan oleh dr. Agus Suryono Hadi, Asisten Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Daerah mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah sebagai mitra PMI menaruh harapan besar dalam kegiatan sosial kemanusiaan di wilayah Parigi Moutong. Maka kata dia, PMI kecamatan yang merupakan struktur paling dasar memiliki peran penting dalam membantu kegiatan kemanusiaan.

Lanjut dia, saat ini pemerintah daerah telah menyetujui lahan tanah hibah untuk pembangunan markas PMI. Olehnya, pihaknya berharap agar PMI segera mungkin untuk mengurus pengajuan pembangunan markas kepada PMI pusat dengan melampirkan dokumen hibah lahan tadi.

“Selamat kepada pengurus PMI kecamatan yang telah dilantik dan segera bekerja secara maksimal,” imbaunya.

Sebelum membuka kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama, ia juga memberikan motivasi kepada para pesrta pelatihan untuk memperhatikan setiap materi yang diberikan agar bisa bermanfaat saat melakukan tugas pertolongan pertama.

Ketua PMI Kabupaten Parigi Moutong, Dra. Noor Wachida P. S. Tombolotutu, dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mewujudkan cita-cita PMI yakni di cintai masyarakat maka setiap SDM PMI harus aktif disetiap kegiatan kemanusiaan, sehingga perlu untuk mengaktifkan kembali fungsi dan tanggung jawab dari para pengurus PMI, khususnya di tingkat kecamatan yang pada dasarnya merupakan penanggungjawab PMI di tingkat paling dekat dengan masyarakat.

Dia menjelaskan bahwa Komposisi Pengurus Kecamatan yang dipilih tersebut merupakan hasil koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memilih orang-orang profesional.

“Pengurus Kecamatan merupakan tenaga-tenaga profrsional dan dianggap mampu untuk menjalankan tugas kemanusiaan, hal itu didasarkan hasil koordinasi PMI dengan telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah kabupaten, kecamatan serta lembaga sosial kemanusiaan yang ada terkait dalam pertemua khusus untuk penempatan orang-orang yang dipilih menjadi pengurus kecamatan,” jelasnya.

Noor Wachida, juga berpesan agar peserta pelatihan pertolongan pertama dapat menyerap dan mengikuti seluruh materi serta praktik yang akan diberikan oleh pelatih, sehingga nanti mampu untuk berpartisipasi dan melaksanakan tugas sebagai pelaku pertolongan pertama PMI.

Selain dihadiri Delagasi Internasional Federasi Red Cross (IFRC) dari Negara Australia, Mr. Jhon Fleming, turut hadir juga Perwakilan PMI Pusat Asep Muliady beserta Perwakilan IFRC, Ketua dan Pengurus PMI beserta Relawan dan Staf PMI Kabupaten Parigi Moutong.

Hadir juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Para Camat serta Pengurus Kecamatan PMI Kecamatan Sausu sampai dengan Kasimbar dan Peserta Pelatihan P2. (Humas PMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *