Meski Pendapatan Rendah, Bumdes Mbelang-Mbelang Masih Konsisten Jalankan Usaha

oleh -9 views


Reporter : Rais H. Rantenai


PLANO, Moutong- Menjelang tiga tahun terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mbelang-Mbelang, belum juga menunjukan kemajuan yang siginifikan. Namun begitu, pengurus Bumdes tetap konsisten menjalankan usaha, dan berpikir untuk membuka usaha jenis baru lagi.


Demikian dikatakan Ketua Bumdes Mbelang-Mbelang, Lefran Kohesa kepada Beritaplano.com, Rabu (19/02/2020). Kata dia, Bumdes yang dibentuk oleh Pemdes Mbelang-Mbelang sejak tahun 2017 sudah beroperasi dalam usaha simpan pinjam dan tabung gas elpiji, juga menjual pupuk dan obata-obatan pertanian, kemudian di tahun 2019 bertambah lagi satu usaha yaitu bengkel motor.


Namun kata dia, dari sejumlah usaha itu, pendapatan Bumdes belum sesuai harapan, terutama dalam usaha simpan pinjam dana Bumdes, yang setorannya selalu macet. Demikian halnya dengan obat-obatan pertanian, yang kerap masih dihutang oleh petani.


Dia menambahkan, sama juga dengan usaha bengkel motor, di tahun 2019 kemarin ada income senilai Rp 200.000 per tiga bulan, sangat sedikit sebab layanan jasanya hanya untuk tambal ban dan ganti oli.


Sementara kata dia, untuk usaha simpan pinjam uang yang masih berputar ada sekitar Rp 30.700.000 dengan 28 orang nasabah dengan system pengembalian perbulan dengan bunga 3% dari pokok.


“Dalam proses peminjaman tersebut para nasabah kami buatkan surat perjanjian satu tahun dan di tanda tangani kedua belah pihak,” kata dia.


Dia juga mengatakan, salah satu yang menjadi kendala dari Bumdes adalah tempat (bangunan) untuk dijadikan tempat menyimpan dan menjual barang. Saat ini masih meminjam lahan atau halaman rumah warga.
Tahun ini kata dia, pihaknya mengusulkan pembelian lahan yang sudah ada pohon kelapa sebagai aset Mbelang-Mbelang dan akan dikelolah Bumdes. Serta memberikan sarana penyediaan produksi bagi petani tambak berupa pupuk dan racun.


Dalam pembelian lahan tersebut,kata dia, anggaran dibutuhkan sekitar Rp 60.000.000 dan untuk penguatan modal Bumdes. Harapannya Bumdes Mbelang-Mbelang bisa lebih maju dan berkembang.


“Kedepannya Dana Desa ini tidak selamanya kita harapkan ada, olehnya itu lewat Bumdes ini kami lebih meningkatkan aset-aset Desa yang bisa menunjang program Desa serta memajukan Desa Mbelang-Mbelang kedepannya. Harapan kami kepada Pemdes agar lebih memperhatikan serta mengoptimalkan apa yang menjadi tujuan dari dibentuknya Bumdes itu sendiri,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *