Meski Dilanda Wabah Covid-19, di Parimo Ketersediaan Beras Masih Memadai

oleh -9 views
Ilustrasi

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Wabah pendemi  virus corona dengan cepat mempengaruhi kehidupan masyarakat, bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga stabilitas ekonomi dan ketersediaan bahan pangan. Meski demikian, untuk wilayah Parigi Moutong pemerintah masih menjamin cukupnya ketersediaan bahan pokok terutama beras.

Ditanya terkait itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Nelson Metubun mengatakan, pihaknya berusaha untuk  menjamin ketersediaan pangan seperti beras melalui beberapa strategi, diantaranya tetap melakukan jadwal penanaman sesuai jalur tanam.

Bahkan kata dia, ditengah wabah pandemi ini, beberapa titik lahan sawah di Parigi Moutong masih panen raya padi.

“Alhamdulillah saat ini kita sementra panen raya dibeberapa titik atau kecamatan,” ungkapnya.

Nelson menambahkan, untuk tahun 2020 realisasi luas panen padi Januari sampai Maret cukup memuaskan. Contohnya kata dia, untuk Kecamatan Sausu ada total 658,70, Kecamatan Torue 1.905, Kecamatan Parigi Selatan mencapai 3.469. Sedangkan untuk wilayah utara Parigi Moutong seperti Kecamatan Mepanga mencapai 2.140,80 dan Ongka Malino 2.550,50.

“Realisasi januari hingga maret 2020 yaitu 17.137,41 luasan,” kata dia.

Masih terkait stok beras, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sofi Panden  mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan di Bulog dan untuk enam bulan kedepan stok beras dinilai cukup memadai.

“Kami sudah tinjau ketersediaan di gudang Bulog dan untuk stok beras kami nilai cukup memadai,” ujarnya.

Sofi menambahkan, pihaknya juga sudah menerima laporan dari petugas yang dipercayakan untuk melakukan pemantauan harga pasar harian, untuk harga beras di pasar  masih stabil.

“rata-rata Rp 10 ribu untuk beras medium dan premium, jenis Santana, Kepala, Super Win, Bramo, Cinta Nur, Pandan Wangi masih stabil,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *