Desa Sendana Budidaya Ribuan Pohon Durian Kani

oleh -
Penanaman perdana durian Kani di Desa Cendana Kecamatan Kasimbar (Foto : Samudin)

Reporter :Vanitra

PLANO, Kasimbar – Pemerintah Desa Sendana Kecamatan Kasimbar tahun ini budidayakan 2.150 pohon durian jenis Kani. Program ini salah satu bentuk pemberdayaan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Kepala Desa  Sendana Mahyuddin  pada Beritaplano.com  mengatakan, bibit durian montong jenis  Kani ini dibagikan kepada masyarakat untuk ditanami dilahan masing-masing.

Kata dia, setiap  kepala keluarga ( KK ) mendapatkan sepuluh pohon bibit durian Kani untuk dibudidaya. Dengan adanya ribuan pohon durian Kani ini, secara tidak langsung mempersiapkan Desa Sendana menjadi desa penghasil durian terbesar di Kecamatan Kasimbar.  

“Ini  merupakan    pemberdayaan  yang  didanai  dari  dana  desa  tahun anggaran 2019,   senilai  Rp 66,640,000,” ujarnya.

Ditambahkannya, durian jenis Kani selain memiliki rasa dan tekstur yang unggul, berisi tebal, berbiji tipis dan berwarna kuning sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Dengan begitu kata dia, aka nada peningkatan pendapatan masyarakat desa.

“Desa  Sendana nantinya menjadi ikon penghasil durian motong di wilayah Kecamatan Kasimbar, karena melihat kondisi  geografi   wilayahnya sangat  cocok untuk  pengembangan  durian Kani,” jelasnya.  

Palagi kata dia, melihat peluang ibu kota negara semakin dekat dari pulau Sulawesi dan wacana aka nada tol Tambu- Kasimbar, maka hasil bumi termasuk buah-buahan diharapkan mampu menembus pasar nasional.

“Kedepanya kita berupaya  mampu memenuhi permintaan pasar, buah dari wilayah Kasimbar  menjadi salah satu primadona di pasar-pasar besar,” ungkapnya.

Harapannya kata dia,masyarkat Desa   Sendana  bersunguh-sunguh menanam dan merawatnya durian Kani. Sebab sebelum program ini dilaksanakan oleh desa, telah didiskusikan dengan BPD. Sehingga diharapkan program ini dapat sukses.

Pantauan media ini, untuk mendukung suksesnya program ini Camat Kasimbar Abdul Manan Daeng Malindu melakukan  penanam perdana   di Desa Cendana. Penanaman perdana juga dihadri     Irban wilayah II  Kabupaten Parigi  Moutong Rustam, Sekcam Kasimbar Muzakir,  tokoh adat Desa Cendana,  dan Danki 711 Raksatama Kompi B Posona, Kanit   Binmas Polsek Kasimbar Bripka Sabri, serta pendamping Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *