LSI : Pilpres 2024 Berpotensi Ditentukan Oleh 3 Orang Ini, Siapa saja ?

oleh -

Berta Nasional. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan adanya tiga nama yang menjadi king atau queen maker yang bakal berperan penting menentukan arah pertarungan Pilpres 2024.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menuturkan, ketiga nama tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh. Tokoh-tokoh itu adalah Megawati Soekarnoputri, kemudian Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto,” kata Adjie Alfaraby seperti dikutip dari republika online , Kamis (17/6).

Tercatat dari hitungan kursi di parlemen, PDIP menguasai 128 kursi atau 19,33 persen, Golkar 85 kursi atau 12,31 persen, dan Gerindra 78 atau 12,57 persen. Atas kalkulasi ini Adjie, menyebut cuma PDIP yang mampu memenuhi syarat 20 persen kursi. Adapun Golkar dan Gerindra setidaknya memegang 3/4 tiket guna mencalonkan presiden.

“Dengan regulasi itu (presidential threshold), maka tiga tokoh ini adalah tiga tokoh yang kita sebut sebagai tiga king atau queen maker 2024,” ujar Adjie. Adjie meyakini Megawati tak lagi mau mencalonkan diri walau PDIP bisa mengajukan capres sendiri.

Kemudian, Adjie mengatakan, Gerindra akan berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat pencapresan. Prabowo sendiri berpeluang besar menjadi capres 2024.

Ia menduga Prabowo tak mau maju sebagai cawapres. “Prabowo Subianto sebagai king maker, ini kemungkinan hanya berpotensi menjadi capres. Karena istilahnya Prabowo ini sudah naik pangkat dua kali menjadi calon presiden pada 2014 dan 2019,” sebut Adjie.

Sementara, Golkar punya perolehan kursi nomor dua di DPR. Dengan demikian, Airlangga berpeluang besar maju dengan berkoalisi bersama partai lain, kecuali PPP saja. Ia mengamati Airlangga berpeluang menjadi capres atau cawapres pada 2024.

“Kita lihat Airlangga sebenarnya termasuk kategori king maker yang lengkap, paling komplet karena selain berpotensi, selain punya kapasitas untuk menjadi king maker pada 2024, Airlangga Hartarto masih punya potensi menjadi capres maupun cawapres,” kata Adjie.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.