Longki Djanggola Apresiasi Kinerja dan Sinergitas Bank Sulteng Geliatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

oleh -
Longki Djanggola Apresiasi Kinerja dan Sinergitas Bank Sulteng Geliatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah ( Foto : Eli)
Liputan : Eli

Parigi Moutong- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H Longki Djanggola M,Si hadir dan meresmikan gedung baru Kantor Bank Sulteng Cabang Parigi Moutong, kamis (3/12). Pada kesempatan itu, Gubernur mengapresiasi kinerja keuangan Bank Sulteng yang sudah berkontribusi dengan bersinergi menggeliatkan pertumbuhan  ekonomi  dan pembangunan daerah.

“Saya mengapresiasi kinerja dan sinergitas Bank Sulteng dalam menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi daerah sehingga tetap berada diangka positif 2,82 persen pada kuartal tiga di tahun 2020. Kita berbangga Sulteng termasuk tiga provinsi yang petumbuhan ekonominya positif, bersamaan dengan Maluku Utara dan Kalimantan utara,” ujar mantan Bupati Parigi Moutong itu, saat memberikan sambutanya.

Kata dia, walapun pertumbuhan ekonomi ini lebih rendah dari tahun 2019 yang di kuartal tiga mencapai 6,15 persen, pemerintah dan masyarakat patut bangga sebab dibanding daerah lain yang mengalami kontraksi minus.

“Kita syukuri, ekonomi kita mulai menggeliat walaupun belum maksimal sebab masih banyak sektor yang harus kita upayakan,” ungkapnya.

Gubernur menambahkan, rencana pembangunan gedung baru kantor Bank Sulteng  cabang Parigi Moutong dimulai pada 9 September 2019 dan dinyatakan selesai 30 November 2020 dengan total anggaran Rp 8 Milyar. Kata dia, dengan adanya kantor baru ini menandai  semakin pesatnya kemajuan bisnis Bank Sulteng, sebagai bank kebanggaan masyarakat. Menurutnya Bank Sulteng dari waktu ke waktu terus meningkatkan daya saing dan kualitasnya serta mendekatkan diri dengan masyarakat dengan jalan memperluas layanan tidak hanya terpusat di Kota Palu.

“Menjadi harapan saya semoga layanan yang diterima oleh nasabah tidak berkurang sedikitpun, personalia Bank Sulteng lebih meningkatkan kompetensi inovasi dan profesionalisme,” harapnya.

Selain itu kata Gubernur, pandemi COVID-19 menciptakan kelesuan ekonomi nasional, sehingga berdasarkan instruksi Presiden Jokowi saat penyerahan DIPA tahun 2021, agar sesegera mungkin membelanjakan anggaran. Hal itu dikarenakan belanja pemerintah diyakini dapat menjadi stimulan untuk mempercepat pemulihan ekonomi bangsa yang terpuruk akibat pandemi.

Pada kesempatan itu Gubenur mengimbau agar jajaran Bank Sulteng bisa mengambil langkah strategis, yang relevan dan realistis untuk berkontribusi menggeliatkan kembali perekonomian dan pembangunan Sulteng. Ia berharap, segmen produktif seperti UMKM, kelompok tani, nelayanan, peternakan, dunia usaha hendaknya menjadi fokus untuk diberdayakan dan didambingi dengan sentuhan program unggulan yang berharmonisasi dengan program pemulihan dan pertumbuhan  ekonomi nasional 2021.

Pantauan media ini peresmian gedung baru Kantor Bank Sulteng Cabang Parigi dihadiri Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai SE dan jajaran pejabatnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Gamal Abd.Kahar, Dirut Bank Sulteng Rahmat Abd. Haris, Tokoh Adat Patanggota, anggota DPRD Parigi Moutong, jajaran pejabat Forkompinda Parigi Moutong, Kepala Bank Sulteng Cabang Parigi Moutong Moh. Taslim.

Persemian gedung baru ini  dimeriahkan pertunjukan seni tari Mokambu dan tari Gula Tapo yang diiringi alunan kakula dan instrumen musik modern yang dibawakan oleh kelompok musik Anitu Etno Ansambel binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong yang saat ini  dipimpin Adrudin Nur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.