Menu

Mode Gelap

Ekobis · 5 Jun 2020

Lomba Inovasi Daerah, Parigi Moutong Simulasikan Tatanan Normal Baru di Terminal, Rumah Makan, Hotel dan Pasar


 Penjagaan dan Pemeriksaan Penumpang di Terminal Toboli.
(Foto: Eli Leu) Perbesar

Penjagaan dan Pemeriksaan Penumpang di Terminal Toboli. (Foto: Eli Leu)

Liputan : Eli Leu

PLANO, Parigi Moutong– Lomba inovasi daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong simulasikan tatanan normal baru di terminal. Menuju tatanan normal baru atau (New Normal) produktif dan aman Covid- 19 yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Untuk itu, selama dua hari Pemda Parimo mensimulasikan pelaksanaan tatanan normal baru di terminal Toboli, Rumah Makan, Hotel dan Pasar.

banner DiDisdik

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Bappelitbangda Dipan Wiraksa yang ditemui dilokasi kegiatan, Jumat (5/6) mengatakan, lomba inovasi daerah dalam rangka menghadapi New Normal akan diikuti semua daerah dari tanggal 1 – 8 Juni 2020, kemudian akan diberikan penilaian juga reward bagi yang mendapatkan nilai tinggi berdasarkan kategori yang ditentukan oleh Mendagri.

Hal ini kata dia, sekaligus melihat kesiapan daerah menghadapi tatatan kehidupan baru yang mulai dibiasakan di masyarakat.

“Ada tujuh klaster yang akan dilombakan. Dua hari ini kita fokus bergerak dalam sektor ekonomi dan jasa, seperti terimanl, rumah makan, hotel sampai dengan pasar. Kita akan melihat bagaimana masyarakat membangun kesadaran baru dalam menghadapi new normal ini. Ada penilaian berdasarkan kategori yaitu kategori provinsi, kategori kabupaten kota dan kategori kabupaten tertinggal,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun media ini, kesiapan mengikuti lomba inovasi daerah dibahas dalam rapat Koordinasi bersama Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda ) Kabupaten Parigi Moutong dan beberapa OPD lainnya yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong H Badrun Nggai SE bertempat di ruang kerja Wabup, Rabu (3/6/20) kemarin.

banner Dinas Kesehatan

Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong Zulfinasran dalam paparannya mengatakan, sesuai hasil rapat di Bappelitbangda tanggal 2 Juni 2020 disepakati bahwa konsep yang ditawarkan adalah memahami New Normal. Diantaranya kata dia adalah upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya, dan New Normal adalah kebijakan baru setelah Stay At Home, Work From Home atau pembatasan sosial yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran masif wabah virus Corona.

“New Normal ditujukan agar Negara tetap mampu menjalankan fungsi fungsinya sesuai dengan konstitusi. Perlu diingat bahwa pemasukan negara berasal dari pajak dan penerima negara lainnya. Jika aktivitas ekonomi terus berhenti total maka negara tidak punya pemasukan dan akibatnya negara juga tidak bisa mengurus rakyat itu sendiri,” kata Zulfinasran.

Zulfinasran menandaskan, aktvitas publik tetap dijalankan sebagaimna biasanya dengan syarat tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Tujuh sektor yang ditawarkan oleh Menteri Dalam Negeri dominan adalah perdagangan dan jasa. 7 Sektor itu adalah Pasar Tradisonal, Pasar Modern, Swalayan, PTSP, Objek Wisata, Restoran/Rumah Makan/Hotel dan Transportasi,” bebernya.

Diketahui, semua OPD teknis terlibat langsung pada lomba Inovasi Daerah diantaranya  Bappelitbangda, Dinas Kesehatan dan Puskesmas, TNI, Polres Parigi Moutong, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bapenda, Pemerintah Kecamatan,  dan beberapa instansi pendukung lainnya juga organisasi masyarakat. Pantauan media ini, kegiatan di Terminal Toboli juga dipantau oleh anggota DPRD Parigi Moutong Wawan Setiawan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Jaga Kelancaran Distribusi BBM Selama Libur Idul Adha, PIS Siapkan 300 Kapal

28 Juni 2023 - 19:44

Institut Teknologi PLN Siap Cetak Ahli Transisi Energi

27 Juni 2023 - 20:14

Peran Penting Industri Daur Ulang Terhadap Sampah Plastik Low Value

26 Juni 2023 - 18:45

Literasi Tinggi Akan Hasilkan Inovasi & Produk Kompetitif Di Pasar Global

24 Juni 2023 - 19:34

Uji Coba Lancar, Kereta Cepat Jakarta Bandung Tembus 300 KM/Jam

16 Juni 2023 - 20:52

Nutrifood, Garudafood Dan Indofood Kompak Sediakan Dropbox Sampah Kemasan

9 Juni 2023 - 21:28

Trending di Ekobis