LITBANG Rampungkan Penelitian Manfaat VCO Glondo Bagi Ibu Hamil dan Balita

oleh -
Kepala Bidang LITBANG, Dipan Wiraksa

Liputan : Eli

Beritaplano, Parigi Moutong – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Parigi Moutong, memporsikan Anggaran Belanja Tambahan (ABT) di Perubahan ABPD 2020 ini, untuk merampungkan penelitian manfaat Virgin coconut oil (VCO) dan glondo untuk ibu hamil juga bayi di bawah umur dua tahun.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), Dipan Wiraksa kepada Beritaplano, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, hasil penelitian itu terkait dengan program pencegahan stunting yang saat ini menjadi prioritas daerah.

Kata dia,  penelitian yang melibatkan akademisi dari Universitas Tadulako tersebut sudah dimulai sejak bulan April 2020 , kemudian terhenti sementara karena adanya pandemi COVID-19.

“Maka di ABT ini itu dianggarkan untuk kelanjutan dari penelitian VCO dan glondoitu. Sudah ada pertemuan dengan Bidan dan Puskesmas yang ada di Siniu juga kami undang beberapa OPD terkait,” jelasnya.

OPD yang dilibatkan jelas Dipan, seperti Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas dan Tenaga Kesehatanya, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perindustrian dan Perdangangan.

“Lokus penelitiannya itu di Siniu. Hampir final, saat ini tengah menunggu hasil akhir untuk diseminarkan,” kata Dipan.

Harapannya, kegiatan ini bisa selesai sesuai target waktu yang diberikan.

Baca juga Litbang kaji Produk Berbahan Dasar Kelapa dalam Memenuhi Kecukupan Gizi Balita

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *