Litbang kaji Produk Berbahan Dasar Kelapa dalam Memenuhi Kecukupan Gizi Balita

oleh -5 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), tengah melakukan kajian strategi inovasi produk VCO, blondo dan minyak kelapa premium dalam memenuhi kecukupan gizi dan penambahan berat badan pada anak dibawah dua tahun (baduta) dan bayi lima tahun (Balita) di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2020.

Penelitian tersebut melibatkan akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) selama delapan minggu.

“Untuk penelitian ditargetkan delapan minggu, karena ini penelitian intervensi jadi waktunya lama. Pada penelitian ini kita mengintervensikan biskuit berbasis glondo dan minyak VCO untuk balita gizi kurang,” jelas Nurul, peneliti dari PKM Untad kepada sejumlah media belum lama ini.

Dia mengatakan, penelitian ini diharapkan bisa meningkatkan berat badan balita gizi kurang.  Kata dia, lokus penelitian dilakukan di Kecamatan Siniu, alasan memilih Kecamatan Siniu  karena sudah sampai ketahap intervensi pangan.

“Otomatis kita cari tempat yang sudah menginisiasi terlebih dahulu, dalam hal ini rumah sehat BAZNAS. Kebetulan hasil diskusi dengan BAZNAS ternyata mereka sudah mengintervensi salah satunya di Siniu dan kasus stuntingnya juga ada,” jelasnya.

Namun kata dia, meski lokusnya dilakukan di Kecamatan Siniu tetapi hasil penelitian ini diharapkan bisa di asumsi desa lain. Dikatakannya, intervensi dalam delapan minggu bukan sesuatu yang mudah dikarenakan perlu memastikan anak diberikan gizi sesuai jadwal.

Dia menambahkan, di Kecamatan Siniu ada 25 balita gizi kurang yang diintervensi untuk VCO. Metode penelitian eksperimental dan terkait datanya akan didiskusikan lagi bersama tim BAZNAS.

“Karena kita masih mempelajari datanya, jadi kita menawarkan dua metode. Kami ada tiga tim, dari gizi juga ada dari promosi kesehatan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *