Layanan Dukcapil Aktif Kembali, 2 Januari Uji Coba, Efektif 6 Januari 2020

oleh -5 views
Dukcapil Tidak Lagi Mengeluarkan Suket Perekaman

Reporter : Eli/Aini

PLANO, Parigi Moutong – Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang ditutup sementara pada tanggal 16 Desember 2019 lalu dalam rangka maintenance perangkat, kembali aktif 2 Januari 2020 kemarin, namun masih dalam tahap uji coba. Diperkirakan akan kembali efektif pada tanggal 6 Januari 2020 mendatang.

“Kita uji coba pelayanan dulu tanggal 2 Januari, kalau ada pemohon yang datang kita tetap layani tetapi efektifnya tanggal 6 Januari 2020,” ujar Kadis Dukcapil ir.Lewis kepada Beritaplano.com saat ditemui diruang kerjanya, senin (30/12/2019) lalu.

Kata dia, maintenance perangkat Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) dan perangkat KTP-el dilakukan untuk back up dan restore data pelayanan serta perbaikan sistem dan jaringan yang ada.

“Seluruh data pelayanan mulai dari berdirinya Dukcapil ini sampai dengan kemarin butuh waktu tiga hari untuk back up, setelah di back up kemudian kita perbaiki servernya lalu butuh waktu tiga hari juga untuk restore data kembali,” jelas dia.

Lanjut dia, selain maintenance perangkat yang dilakukan tenaga teknisi, pada bagian  kepegawaian melakukan rekruitmen dengan 11 ketambahan tenaga untuk mengisi kekurangan yang ada.

“Bagian kepegawaian melakukan rekruitment yang baru untuk menutupi kekurangan jumlah berdasarkan volume yang ada, sehingga dengan rekruitmen ini  seluruh loket bisa terisi semua,” ungkapnya.

Sistem manajemen pelayanan Dukcapil juga terjadi perubahan pola, yang diharapkan  pola manajemen tersebut dapat lebih singkat, akurat data dan lebih cepat pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *