Laboratorium PUPRP Target Capai Akreditas Nasional 

oleh -47 views
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Parigi Moutong, Rivai ST, M,Si

Liputan : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, tahun ini tengah berupaya mencapai akreditas nasional untuk laboratorium.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas PUPRP Rivay, ST, M.Si kepada beritaplano, Senin (29/06/2020) usai mengikuti rapat pansus di gedung DPRD.

“Laboratorium PU tahun ini target dapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), agar kita bisa terakreditasi secara nasional,” ungkapnya. ‘

Rivay mengatakan, untuk mendapatkan akreditas nasional harus didukung dengan fasilitas yang memadai dan sumber daya manusia  (SDM) pengelolah laboratorium.

“SDM harus ada sertifikat, per bidang harus ada dua sertifikat. Sekarang yang ada baru tiga sertifikat,” ujarnya.

Kata dia, untuk meningkatkan SDM pengelolah Lab, Dinas PUPRP akan mengirim enam orang pengelolah Lab untuk mengikuti pelatihan di Lab Universitas tadulako.

“Di sana ada delapan  orang yang kerja di Lab. enam orang petugas lab dan dua admnistrasi,” kata Rivay.

Sedangkan kata dia, untuk alat sudah 98 persen tersedia seperti alat pengujian agregat, beton dan aspal.

“Kalau terakreditas nasional, proyek nasional bisa diuji disitu tidak perlu lagi ke Provinsi untuk bawa sampel, selama ini kan tidak bisa kita uji di sini kalau proyek nasional,” bebernya.

Dia menjelaskan, Laboratorium adalah salah satu sumber penghasil di Dinas PUPRP, setiap tahun bisa mencapai Rp 50 juta. Sehingga perlu untuk memberikan perhatian terhadap pengembangan kapasitas dan SDM pengelolah Lab.

“Kami juga akan menyurat ke camat untuk kerjasama dengan desa. Setiap pekerjaan fisik desa, jika ingin berkualitas bangunannya boleh uji beton di Lab PU,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *