KPU Lakukan Pemutakhiran Data Berkelanjutan

oleh -
Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Abd. Chair

Liputan: Zahra Syafira

Parigi Moutong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong lakukan pemutakhiran data berkelanjutan. Diketahui, pemutakhiran data berkelanjutan adalah proses memperbaharui data pemilih guna mempermudah pemutakhiran atau pembaruan data untuk pemilihan berikutnya.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Parigi Moutong, Abd. Chair mengatakan, pemutakhiran yang tengah pihaknya lakukan terkait dengan penduduk yang pindah datang, kematian, pemilih pemula, perubahan pekerjaan TNI/POLRI, perubahan alamat, serta identitas.

“Rencananya bulan Maret ini rapat koordinasi dengan dinas atau instansi terkait akan segera kita lakukan” ujar Abdul Chair saat ditemui Beritaplano.com di ruang kerjanya, Selasa (2/3/2021).

Adapun dinas atau istansi yang akan digandeng dalam pemutakhiran data berkelanjutan yakni, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), POLRI, TNI, serta dinas terkait lainnya.

“Setelah kita koordinasikan, nanti akan kita plenokan, kemudian hasil pemutakhiran data berkelanjutan akan kita umumkan di website KPU tiga bulan sekali,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam mengolah pemutakhiran data berkelanjutan, KPU menggunakan data pemilihan serentak tahun sebelumnya untuk melihat data pemilih. Selanjutnya, data tersebut dikoordinasikan dengan Dukcapil untuk melihat perubahan, misalnya ada tidaknya yang meninggal dan harus dikeluarkan, serta daftar pemilih tambahan bagi pemilih yang sudah cukup umur untuk memilih.

“Dalam menengerjakan itu KPU dibantu oleh operator dan terus berkoordinasi dengan dinas terkait,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.