KPPN Parimo, Kawasan Perdesaan Berbasis Agropolitan

oleh -8 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Lokasi Kawasan Perdesaaan Prioritas Nasional (KPPN) diarahkan ke Parigi Moutong bagian selatan. Telah dilakukan koordinasi awal untuk KPPN Parigi Moutong antara Ditjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN dengan Pemkab Parigi Moutong, yang menghasilkan kesepakatan untuk pengembangan KPPN berbasis komoditas unggulan padi untuk mendukung ketahanan pangan di Kecamatan Torue. Tema pengembangan yaitu kawasan perdesaan berkelanjutan berbasis agropolitan PARISTOBA.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Fisik Prasarana dan Pengembangan Wilayah pada Bappelitabngda Nyoman Sudiara, belum lama ini. Kata dia, delineasi KPPN PARISTOBA terdiri dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Parigi Selatan (6 Desa), Kecamatan Torue (7 Desa), dan Kecamatan Balinggi (9 Desa).

“Itu sudah tertuang dalam berita acara kesepakatan pembagian tugas fasilitasi penyusunan MP/RRTR/RPKP dan pemuktahiran lokasi KPPN 2015-2019 No. 93/BA/D.VII/MDK.00.02/X/2018 tanggal 31 Oktober 2018 menetapkan lokasi KPPN Parigi Moutong berada di Kecamatan Torue dengan Kementerian ATR/BPN sebagai fasilitator penyusun RRTR,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk perkebunan, terdapat luas lahan panen 9.760,25 ha dengan produksi rata-rata per tahun 4.696,3 ton jagung dan 7.162 ton kakao. Hasil produksi terbesar kakao, kelapa, buah naga. Sedangkan untuk perikanan, terdapat luas lahan tambak 2.134,65 ha. Tambak budidaya ikan bandeng, roa, baronang, dan sunu.

Lanjut dia, untuk pertanian terdapat luas lahan baku sawah total 7.219 ha denga rata-rata produksi per tahun 108.557 ton.

“ Seluruh sawah di KPPN PARISTOBA merupakan sawah irigasi dengan masa panen 5 kali dalam 2 tahun,” ujarnya.

Kata dia, yang menjadi pusat kawasan yaitu Desa Tolai, Desa Tolai Barat, Desa Tolai Timur Kecamatan Torue. Untuk sub pusat kawasan yaitu Desa Sumbersari Kecamatan  Parigi Selatan, Desa Astina Kecamatan Torue dan Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi.

Sedangkan untuk kawasan produksi yaitu Dolago, Dolago Padang, Masari, Nambaru Kecamatan Parigi Selatan, Tanalanto, Torue, Purwosari Kecamatan Torue dan Balinggi, Malakosa, Lebagu, Suli, Suli Indah, Beraban, Catur Karya Kecamatan Balinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *