Konvergensi Lintas Sektor Percepatan Penanganan Stunting

oleh -

PARIGI MOUTONG – Wakil Bupati Parigi Moutong, H.Badrun Nggai,SE menghadiri pertemuan konvergensi lintas sektor terkait program percepatan penanganan stunting bersama dinas terkait dan perbankan bertempat di aula pertemuan Bappelitbangda, Senin, 8 Maret 2021.

Pertemuan tersebut bertujuan menyelaraskan, mengevaluasi program kegiatan intervensi yang telah dilakukan oleh semua sektor terkait serta memaksimalkan dan menyatukan tujuan maupun inovasi dari setiap OPD agar bekerja sama untuk satu tujuan yakni percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Parigi Moutong.

Wakil Bupati Badrun Nggai menyampaikan untuk menurunkan stunting diperlukan intervensi yang terpadu, yaitu mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif, yang merupakan tanggung jawab bersama lintas sektor bukan tanggung jawab satu instansi saja.

Wakil Bupati mengatakan, target penurunan prevalensi stunting nasional dari 21.4% di tahun 2019 menjadi 12.5% pada tahun 2020 dan untuk tahun 2021 disikapi serius oleh pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dengan mengimplementasikan konvergensi percepatan penurunan stunting lintas sektoral agar supaya bisa turun lagi sampai 9 %.

Wakil Bupati menambahkan, strategi nasional dalam upaya pencegahan stunting terdiri dari 5 pilar, yaitu Komitmen dan visi pimpinan tertinggi negara; Kampanye komunikasi perubahan perilaku strategi komunikasi perubahan perilaku pencegahan stunting; Konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program nasional, daerah dan desa ; Gisi dan ketahanan pangan dan pemantauan dan evaluasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemda Parigi Moutong telah menetapkan 16 OPD dan dua Bagian perangkat daerah yang secara kolaboratif dan terpadu akan melakukan intervensi percepatan penurunan stunting. (SUMBER : HUMAS PEMDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *