Kepsek Diimbau Update dan Verifikasi Data Peserta UN

oleh -3 views
Kepala Bidang SMP Jalaludin

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Kepala Sekolah diimbau untuk mengupdate dan memverifikasi data peserta ujian nasional melalui data pokok pendidikan (Dapodik), sebagai sistim pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang SMP Jalaludin kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Jalaludin mengatakan, pihaknya mengimbau agar  kepala sekolah serius menangani persoalan data, sehingga tidak ada siswa yang dirugikan karena tidak terdaftar sebagai peserta UN.

“Sekarang sementara dalam pengingputan dapodik, maka kami mengimbau kepada kepala sekolah terus memantau, mengupdate data terutama untuk peserta ujian  atau siswa kelas tiga,” ujarnya.

Dia menambahkan, ketika siswa kelas tiga tidak terdaftar minimal satu bulan sebelum pelaksanaan ujian maka dikhawatirkan namanya tidak akan keluar sebagai peserta Ujian Nasional.

“Ketika anak sudah kelas tiga dan tidak terdaftar jadi peserta ujian, dia tidak bisa ikut ujian, daftarkan anak sebulan sebelum ujian harus sudah dipastikan terdaftar dipusat,” tandasnya.

Update data peserta UN kata dia, diantaranya untuk mengetahui berapa jumlah soal yang akan datang untuk sekolah tersebut.

Jala menambahkan, saat ini jumlah SMP yang ada di Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 107 sekolah tetapi yang terdaftar dapat melaksanakan ujian belum mencapai 90 sekolah.

“Karena masih banyak sekolah yang numpang, alasannya karena tidak cukup satu kelas atau tidak cukup 20 peserta ujian. Misalnya sekolah satu atap tetap menumpang dikelas induk. Biasanya sekolah yang ada dipedalaman juga sekolah swasta. Selain itu berdasarkan sistem dapodik sekolah harus terakreditasi untuk melaksanakan ujian,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *