Menu

Mode Gelap

Nasional · 15 Jun 2023

Kemenkominfo Dan TNI Luncurkan Literasi Digital Untuk Prajurit


 Kemenkominfo Dan TNI Luncurkan Literasi Digital Untuk Prajurit Perbesar

Berita Plano_Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menyelenggarakan Peluncuran Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Prajurit TNI.

banner DiDisdik

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Gedung Gatot Subroto, Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Selasa (13/6).

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 165 orang Perwira Tinggi dan Menengah TNI yang hadir secara luring maupun daring ini bertujuan untuk membangun pemahaman literasi digital di lingkungan TNI guna mewujudkan prajurit TNI yang makin bijak dan cakap digital.

Kegiatan Literasi Digital kepada TNI merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintahan daerah menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika (Plt. Menkominfo), Moh. Mahfud MD mengungkapkan, perkembangan di era digital menimbulkan jenis ancaman baru terhadap kedaulatan negara yang harus diwaspadai TNI dalam melaksanakan pertahanan negara guna mempertahankan kedaulatan, menjaga keutuhan NKRI dan menjaga keselamatan bangsa dari ancaman militer.

banner Dinas Kesehatan

Selain itu, sehubungan dengan akan dimulainya tahun demokrasi, Mahfud MD menekankan netralitas prajurit TNI beserta Keluarga Besar TNI dalam Pemilu.

Menurutnya, TNI diharapkan dapat menjalankan peran penting dalam melancarkan proses pemilu dan memastikan bahwa pemilu aman bagi seluruh pemilih.

“TNI dan Polri tetap pada posisi netral, terutama dalam menjaga lalu lintas digital yang (menimbulkan) banyak provokasi di tengah masyarakat dengan tingkat literasi rendah,” ujar Mahfud dalam keterangannya.

Menurutnya melalui literasi digital, pemerintah juga berharap agar seluruh anggota TNI dapat lebih cerdas, teliti, dan berhati-hati serta menggunakan logika dalam mengamati informasi, khususnya mengenai pemilu yang beredar di ruang publik, baik media nasional maupun digital.

Sementara itu, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa, anggota TNI wajib memerangi konten negatif dan memiliki kecakapan digital untuk memilah informasi demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan prajurit dalam bersinggungan di dunia digital. Tidak ada prajurit yang membocorkan rahasia negara, hoax, serta konten yang bertentangan dengan tugas TNI sebagai pemersatu bangsa,” jelas Yudo.

 

 

 

Sumber:rm.id

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Gempa Yogya Dipicu Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia Dan Eurasia

30 Juni 2023 - 19:37

Ratusan Nelayan Pendukung Ganjar Bersih-Bersih Pantai di Banyuwangi

23 Juni 2023 - 19:32

Budaya Literasi Penting Untuk Hadapi Perkembangan Teknologi

20 Juni 2023 - 20:33

Narasi Keagamaan Yang Keliru Di Medsos Akar Radikalisme

17 Juni 2023 - 20:48

Generasi Muda Harus Ikut Kampanyekan Perdamaian, Toleransi, Dan Persatuan

14 Juni 2023 - 21:05

Status Pandemi Covid-19 Beralih Ke Endemi Sudah Diputuskan, Tinggal Diumumkan Presiden

13 Juni 2023 - 21:09

Trending di Nasional