Kasus Penyalahgunaan DD Jononunu, Pekan Depan Kejari Limpahkan Ke Pengadilan Tipikor

oleh -8 views

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Kasus penyalahgunaan dana desa Jono Nunu Kecamatan Parigi Tengah pekan depan akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Palu, setelah hari ini Rabu (22/01/2020) ditingkatkan statusnya ketahap penuntutan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Parigi Moutong Agus Setiadi SH melalui Kasi Pidsus Muhammad Tang kepada Beritaplano.com mengatakan, kerugian negara yang ditaksir atas kasus tersebut diperkirakan mencapai Rp 290 juta. Hal itu sudah berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP).

“Hari ini setelah ditingkatkan status ke tahap penuntutan rencananya minggu depan sudah kita limpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor, awal bulan depan sudah sidang,” ujar Tang.

Kata dia, modusnya ada tiga yaitu kegiatan fiktif, mark up dan pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi.

“Sejauh ini tersangka (mantan kades) pasang badan sendiri dan tidak orang lain yang dia sebutkan, keterangannya juga dia mengakui dipakai untuk kepentingan pribadi,” bebernya.

Kasus penyalahgunaan DD Desa Jono Nunu ini akan menyusul dua kasus sebelumnya yang telah naik ketahap persidangan, yaitu Desa Ambesia Selatan dan Desa Kasimbar.

“Berarti untuk Desa Jono Nunu statusnya menyusul Ambesia Selatan dan Kasimbar, Ambesia Selatan kerugian negaranya sekitar Rp 190 juta, Desa Kasimbar Rp 280 juta,  sekdes dan kadesnya yang terlibat, kades dituntut 5 tahun dan sekdes 4 tahun 5 bulan dan masing-masing Rp 200 juta,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *