Jika Terpilih, Cudi : Saya Komitmen Turunkan Angka Kemiskinan di Parigi Moutong

oleh -11 views

Reporter : Faradiba

PLANO, Parigi Moutong – Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdi Mastura yang akrab di sapa Cudi, berkomitmen jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Sulteng pada periode 2020-2024, salah satu point terpenting yang akan dilakukan pihaknya untuk Kabupaten Parigi Moutong yakni menurunkan angka kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan Cudi di hadapan sejumlah awak media dalam acara silatuhrami di Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (26/2/2020).

Mantan Wali kota Palu dua periode itu mengungkapkan program menurunkan angka kemiskinan di Parigi Moutong ini merupakan pekerjaan yang tidak bisa ditawar-tawar. Sebab, mengingat Kabupaten Parigi Moutong merupakan salah satu daerah yang masih tinggi angka kemiskinannya dari 13 Kabupaten/Kota yang ada di Sulteng.

“Saya berprinsip pemimpin adalah yang mampu mensejahterakan ekonomi rakyat. Untuk apa pemerintah membangun gedung perkantoran mewah atau membangun infrastruktur jalan yang bagus namun sementara rakyatnya banyak yang miskin. Sehingga, salah satu program prioritas saya di Parigi Moutong adalah angka kemiskinan harus turun, itu harga mati buat saya,” ucap komitmen Cudi.

Lanjut Cudi, yang harus diketahui masyarakat bahwa dalam menurunkan angka kemiskinan ini, Pemerintah daerah tidak akan bisa bekerja sendiri dalam hal mengentaskan kemiskinan, namun harus ada intervensi program dari Pemerintah Provinsi.

“Uang APBD kabupaten tidak akan mampu mengatasi masalah kemiskinan ini sendirian, makanya perlu hadir keberpihakan Pemerintah Provinsi dalam menggelontorkan anggaran ke Kabupaten, serta pula harus ada evaluasi pencapaian atau out cam yang dilakukan Pemerintah Provinsi ke daerah. Jangan setelah diberikan anggaran ternyata tidak di back up atau tidak dievaluasi, disini terkadang yang banyak kekeliruan, akhirnya program tidak tuntas sampai kepada masyarakat,” tegas Cudi.

Selain intervensi Pemerintah Provinsi dalam bentuk gelontoran anggaran yang akan dilakukan, pihaknya juga akan kembali merangsang gairah perekonomian petani Parigi Moutong, yang dimana diketahui bahwa Parigi Moutong dikenal sebagai lumbung padi, kelapa yang melimpah serta beberapa hasil alam lainnya.

Apalagi kata dia, Parigi Moutong kedepan akan menjadi penyangga kebutuhan pangan Ibu Kota Negara. Sehingga sangat perlu menurutnya pemerintah kembali merangsang untuk menumbuhkan sektor pertanian di Parigi Moutong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *