Menu

Mode Gelap

Ekobis · 24 Feb 2022

Jalin Kerjasama Dagang dan Investasi, Jatim dan Sulteng Tandatangani MoU


					Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menjalin kerjasama dagang dan investasi dengan menandatangani MoU di Hotel Best Western Plus Coco Kota Palu, Rabu (22/2/2022). Foto : sas JNR Perbesar

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menjalin kerjasama dagang dan investasi dengan menandatangani MoU di Hotel Best Western Plus Coco Kota Palu, Rabu (22/2/2022). Foto : sas JNR

BERITAPLANO, PALU – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menjalin kerjasama dagang dan investasi dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Hotel Best Western Plus Coco Kota Palu, Rabu (22/2/2022).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa termakasihnya kepada semua pihak, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kadin, dan HIPMI provinsi Jawa Timur maupun Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mendukung terselenggaranya Misi Dagang dan MoU.

Ia berharap misi dagang ini memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di kedua provinsi.

“Setelah MoU ini mari kita maksimalkan, kolaborasikan dan sinergitaskan kerjasama apa yang kita mulai. Mengingat data data BPS Jawa Timur Produk dari masyarakat di Jatim ini banyak diminati pedagang, pengusaha, serta masyarakat Sulawesi Tengah dimana angka transaksinya Rp. 4,3 Triliun di tahun 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan dibangunnya kerjasama dua provinsi ini juga memberi bermanfaat pada sistem pemerintahan dua provinsi, antara lain di sektor kehutanan.

Saat ini Jatim berhasil mengembangkan Integrated Area Development (IAD) dalam pengelolaan perhutanan sosial, tepatnya di Kabupaten Lumajang. Ini bisa dijadikan referensi bagi Gubernur Sulteng untuk datang ke daerah Lumajang. Mengingat di Indonesia ini ada dua IAD, yakni di Lumajang Provinsi Jatim dan Bangka Belitung.

Selain sektor kehutanan, juga ada pengembangan SDM bagi ASN. Dikatakan Gubernur Khofifah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim merupakan sekolah ASN terbaik di Indonesia setelah Jawa Barat. Pendidikan di BPSDM ini bisa juga diikuti oleh ASN dari Sulawesi Tengah. Dimana setiap Kamis ada materi dari BPSDM yang dikerjasamakan dengan Mendagri.

“Maka Itu kami menunggu kunjungan balik dari Provinsi Sulawesi Tengah bersama pengusahanya untuk datang di Provinsi Jatim,”pintanya.

Gubernur Khofifah menyampaikan, pada misi dagang di Sulteng kali ini, pihaknya membawa 40 pengusaha dari Jatim, yang kemudian juga diikuti 120 pengusaha dari Sulteng.

“Alhamdulillah beberapa jam di mulai misi dagang di Sulteng ini sudah terjadi transaksi, Rp 90 Miliar. Dan diharapkan saat penutupan malam ini juga terus bertambah jumlah transaksinya,” tuturnya.

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastrura, menyampaikan bahwa Sulteng merupakan salah satu daerah masa depan Indonesia. Karena startegis mengingat ibu kota baru akan dibangun. Sulteng juga mempunyai kekayaan alam yang banyak. Maka itu Sulteng siap melakukan kerjasama dengan Provinsi Jatim di semua bidang.

Sebagai informasi, penandatangan MoU dilakukan oleh beberapa OPD, antara lain bagian kerja sama biro pemerintahan Sulteng dan Otoda Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, DPMPTSP, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Peternakan , Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan, Badan Kepegawaian Daerah, BPSDM, IWAPI dan HIPMI.*/ALF

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 106 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pemprov Sulteng undang Dubes Arab Saudi berkunjung ke Palu

15 Maret 2022 - 17:31

Parimo Siapkan Daerah Menjadi Penopang Pangan Logistik Ibukota

26 Januari 2022 - 16:44

Koperasi Model Multi Pihak Tonggak Baru Koperasi di Indonesia 

4 Januari 2022 - 09:02

Garuda Jadi Sorotan, Ini Kata Menteri Erick Thohir.

5 Juni 2021 - 17:10

Abdee Slank Jabat Komisaris PT Telkom Indonesia

30 Mei 2021 - 21:13

Abdi Negara Nurdin sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, (Foto : Istimewa)

IHSG ditutup melemah ke 6.258, 5 Maret 2021

5 Maret 2021 - 13:47

Trending di Ekobis