Jaga Kualitas Pekerjaan Aspal, Laboratorium DPUPRP Parimo Kawal Mutu Konstruksi

oleh -
Pengambilan Sampel Material Aspal untuk di Uji Pada Laboratorium. (Foto : Istimewa)

Laporan : Faradiba

Berita Parigi Moutong – Demi menjaga kualitas pekerjaan baik pengaspalan dan pekerjaan jembatan, Dinas pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, terus mengawal dan menguji mutu konstruksi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Labolatorium pada Dinas PUPRP Parigi Moutong, Agung Wibowo ST, mengatakan pengujian dilakukan untuk sejumlah material yang akan digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Seperti pekerjaan beton, aspal, tanah dan agregat.

“Hal itu guna menjaga mutu kualitas dari hasil pekerjaan,” ujar Agung.

Sebagian besar pengujian pekerjaan konstruksi yang dilakukan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), baik pada pekerjaan pengaspalan maupun pekerjaan jembatan.

Salah satu contoh yang telah diambel sampel dari bahan material yang akan dilakukan uji lab yakni pengaspalan pada peningkatan jalan di Desa Lebo.

“Sudah menjadi suatu keharusan sebelum memulai pekerjaan maupun untuk melanjutkan pekerjaan harus dilakukan uji laboratorium. Misal, jalan sebelum diaspal harus dilakukan uji kepadatan (sandcone) untuk Lapis Pondasi Atas (LPA),” kata Agung.

Dicontohkannya, seperti pekerjaan peningkatan jalan di Desa Lebo yang sementara di uji pada Laboratorium, didapatkan hasil uji belum memenuhi kepadatan minimum.

“Harus kembali dilakukan penggilasan untuk mencapai kepadatan minimum pada ruas jalan itu, serta hasil uji akan segera disampaikan kepada Bidang Bina Marga untuk ditindaklanjuti,” tandas Agung dilansir dari PUParigiMoutong.com

Pihaknya berharap, untuk seluruh pekerjaan yang dilaksanakan tahun 2020 sesuai dengan spesifikasi, agar pada akhirnya bisa menjamin kualitas maupun umur konstruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.