Menu

Mode Gelap

Kabar Desa · 20 Jan 2020

HUT Kecamatan Tomini, Samsurizal Tombolotutu Dilantik Sebagai Tosiaange


 Pelantikan Samsurizal Tombolotutu sebagai Tosiaange (Foto : Fadel) Perbesar

Pelantikan Samsurizal Tombolotutu sebagai Tosiaange (Foto : Fadel)

Reporter : Fadel

banner DiDisdik

PLANO, Tomini – Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Tomini yang ke 12 Sabtu (18/1/2020) kemarin, ada yang menarik, dimana sebelum puncak perayaan, digelar prosesi pelantikan adat kepada Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu.

Bupati Samsurizal Tombolotutu dilantik sebagai Tosia’ange atau yang dalam bahasa Lauje/Tialo diartikan sebagai orang yang dituakan atau orang yang dihormati.

Camat Tomini, Muktasim kepada Beritaplano.com mengatakan, Kecamatan Tomini merupakan Kecamatan yang dihuni oleh berbagai etnis. Kecamatan Tomini banyak melahirkan sejarah termasuk dilantiknya Raja Kuti Tombolotutu di batu pelantikan Raja Tomini. 

“Kecamatan Tomini merupakan daerah yang menjadi saksi pelantikan Raja Kuti Tombolotutu pada saat itu. Raja Kuti Tombolotutu dilantik di lapangan batu Raja yang hingga saat ini batu itu masih ada ditengah lapangan Tomini,” ungkapnya. 

banner Dinas Kesehatan

Pelantikan atau penobatan sebagai Tosiaange kepada Bupati H Samsurizal Tombolotutu dilakukan oleh totua adat di Kecamatan Tomini.

Pasca prosesi pelantikan adat tersebut, Bupati Samsurizal mengatakan pihaknya berterima kasih atas penobatan yang diberikan kepadanya secara adat sebagai Tosiaange. Ia berharap Kecamatan Tomini semakin maju, semakin berdaya saing dan menjadi contoh bagi Kecamatan lain. 

“Saya ucapkan terima kasih. Tabe, kepada totua Adat Kecamatan Tomini, kepada orang tua saya, kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tomini atas dinobatkannya saya sebagai Tosiaange,” ujarnya. 

Samsurizal juga mengimbau agar seluruh masyarakat terus menjaga dan pertahankan adat istiadat dan budaya demi mendukung keberlangsungan dan kemajuan Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam prosesi pelantikan tersebut Bupati Samsurizal didampingi istrinya Dra. Hj Noor Wachidah Prihartini S Tombolotutu, serta dihadiri sejumlah pejabat tinggi di Kabupaten Parigi Moutong. 

Puncak perayaan HUT Kecamatan Tomini ke 12 tersebut dilaksanakan kegiatan penutupan even Pekan Rakyat Tomini 2020 oleh Bupati Samsurizal.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 69 kali

Baca Lainnya

3 Keutamaan Sholat Tarawih: Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Ramadhan

30 Maret 2023 - 15:32

Keutamaan Sholat Tarawih

3 Aktivitas Kreatif untuk Dilakukan Bersama Keluarga saat Lebaran

28 Maret 2023 - 15:48

Aktivitas Kreatif saat Lebaran

5 Destinasi Wisata Seru untuk Dikunjungi Selama Idul Fitri

28 Maret 2023 - 15:25

Destinasi Wisata

10 Makanan Khas Lebaran yang Harus Anda Coba

28 Maret 2023 - 15:08

Makanan Khas Lebaran

7 Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di Indonesia

28 Maret 2023 - 14:59

Merayakan Idul Fitri

5 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Video di YouTube

19 Maret 2023 - 09:51

Meningkatkan kualitas video di YouTube
Trending di Ragam