HUT Kecamatan Tomini, Samsurizal Tombolotutu Dilantik Sebagai Tosiaange

oleh -5 views
Pelantikan Samsurizal Tombolotutu sebagai Tosiaange (Foto : Fadel)

Reporter : Fadel

PLANO, Tomini – Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Tomini yang ke 12 Sabtu (18/1/2020) kemarin, ada yang menarik, dimana sebelum puncak perayaan, digelar prosesi pelantikan adat kepada Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu.

Bupati Samsurizal Tombolotutu dilantik sebagai Tosia’ange atau yang dalam bahasa Lauje/Tialo diartikan sebagai orang yang dituakan atau orang yang dihormati.

Camat Tomini, Muktasim kepada Beritaplano.com mengatakan, Kecamatan Tomini merupakan Kecamatan yang dihuni oleh berbagai etnis. Kecamatan Tomini banyak melahirkan sejarah termasuk dilantiknya Raja Kuti Tombolotutu di batu pelantikan Raja Tomini. 

“Kecamatan Tomini merupakan daerah yang menjadi saksi pelantikan Raja Kuti Tombolotutu pada saat itu. Raja Kuti Tombolotutu dilantik di lapangan batu Raja yang hingga saat ini batu itu masih ada ditengah lapangan Tomini,” ungkapnya. 

Pelantikan atau penobatan sebagai Tosiaange kepada Bupati H Samsurizal Tombolotutu dilakukan oleh totua adat di Kecamatan Tomini.

Pasca prosesi pelantikan adat tersebut, Bupati Samsurizal mengatakan pihaknya berterima kasih atas penobatan yang diberikan kepadanya secara adat sebagai Tosiaange. Ia berharap Kecamatan Tomini semakin maju, semakin berdaya saing dan menjadi contoh bagi Kecamatan lain. 

“Saya ucapkan terima kasih. Tabe, kepada totua Adat Kecamatan Tomini, kepada orang tua saya, kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tomini atas dinobatkannya saya sebagai Tosiaange,” ujarnya. 

Samsurizal juga mengimbau agar seluruh masyarakat terus menjaga dan pertahankan adat istiadat dan budaya demi mendukung keberlangsungan dan kemajuan Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam prosesi pelantikan tersebut Bupati Samsurizal didampingi istrinya Dra. Hj Noor Wachidah Prihartini S Tombolotutu, serta dihadiri sejumlah pejabat tinggi di Kabupaten Parigi Moutong. 

Puncak perayaan HUT Kecamatan Tomini ke 12 tersebut dilaksanakan kegiatan penutupan even Pekan Rakyat Tomini 2020 oleh Bupati Samsurizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *