Menu

Mode Gelap

Kabar Desa · 8 Sep 2020

Dua Dusun Terendam Banjir, 45 KK Warga Bambalemo Mengungsi


 Fasilitas umum dan rumah warga rusak akibat banjir di Desa Bambalemo (Foto:Wadi) Perbesar

Fasilitas umum dan rumah warga rusak akibat banjir di Desa Bambalemo (Foto:Wadi)

Liputan : Eli

Beritaplano, Parigi Moutong– Intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi pada senin sore hingga malam kemarin, menyebabkan dua dusun di Desa Bambalemo terendam banjir. Sementara dikabarkan ada 45 KK yang mengungsi.

banner DiDisdik

Berdasarkan data Palang Merah Indonesia (PMI) Parigi Moutong senin malam tadi, akibat dari Banjir Bambalemo terdata sementara ada 40 KK warga Dusun II  mengungsi di Lokasi Mesjid dan Gedung Alkhairaat Desa Bambalemo. Serta lima KK warga Dusun I mengungsi di rumah warga sekitar, sehingga total tercatat ada 45 KK mengungsi.

Diketahui, sampai dengan saat ini belum ada korban jiwa. Namun banjir tersebut, menyebabkan kerugian materil dan juga merusak sejumlah fasilitas umum.

Mulai pagi tadi, PMI Parigi Moutong telah melakukan berbagai pelayanan salah satunya  membantu membersihkan pemukiman warga yang terendam lumpur.

Informasi yang dihimpun, warga dilaporkan mulai mengungsi pada pukul  20.30 wita, pada saat yang sama, 13 anggota PMI yang dipimpin langsung Kepala Markas Nur Sri Kandi Puja menuju lokasi bencana.

banner Dinas Kesehatan

PMI telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, BPBD Dinas Sosial, Pihak Kepolisian dan lembaga atau mitra lainnya. Pada senin malam itu juga, PMI segera mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak, mencari dan menentukan titik pengungsian , melakukan assessment kemudian mendistribusikan selimut untuk kelompok rentan.

Saat ini yang dibutuhkan warga yang terdampak banjir di Desa Bambalemo adalah, air Bersih,  air minum, bahan makanan, makan bayi/balita dan selimut.

Sementara itu, Kepala Desa Bambalemo Irfan mengatakan sampai dengan hari ini (selasa red) warganya belum bisa kembali menempati rumah mereka.

“Mereka kembali hanya untuk membersihkan dan malam akan kembali lagi ketempat pengungsian,” tutur Kades.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya

BMKG 15 Oktober 2022 : Parigi Cerah Berawan

15 Oktober 2022 - 11:29

Gempa Hari Ini Minggu 9 Oktober 2022, Lima Kali Getarkan Indonesia

9 Oktober 2022 - 10:38

Prakiraan Cuaca : Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah Siang dan Malam Hujan

25 September 2022 - 18:54

PR Besar Menyejahterakan Petani

23 September 2022 - 18:39

BMKG : 11 September Hujan Lebat di Sulteng, Sigi Siaga Kabupaten Kota Waspada

11 September 2022 - 13:27

Lomba Pacuan Kuda digelar oleh Pordasi Totaldengan Hadiah Hingga Puluhan Juta Rupiah

23 Agustus 2022 - 21:26

Trending di Advertorial