Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 7 Feb 2022

Hasil Reses Masa Persidangan III di 2021 Dilaporkan


 Hasil Reses Masa Persidangan III di 2021 Dilaporkan Perbesar

PARIGI – DPRD Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah melaporkan hasil resesnya pada masa persidangan III di 2021, dalam sidang paripurna, Senin (7/2).

banner DiDisdik

“Pelaksanaan reses yang dilaporkan saat ini, telah selesai dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 21 Desember 2021,” ungkap Wakil Ketua II DPRD Parigi Moutong, Faisan Badja.

Sementara itu, Wakil Ketua I Alfres Tongiro, saat menyampaikan hasil reses mengatakan, pelaksanaan reses 38 anggota DPRD dilakukan pada lokasi daerah pemilihan masing-masing anggota.

Dia menyampaikan, pelaksanaan reses anggota DPRD, adalah penerapan aspirasi dan sistem kerja dengan mitra komisi di tingkat kecamatan hingga desa.

“Serta usulan dan kendala-kendala dalam penanganan masalah untuk instansi terkait ,” ujarnya.

banner Dinas Kesehatan

Alfres mengatakan, penyerapan aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat desa terdiri dari, tokoh masyarakat, agama, pemuda, pemerintah kecamatan hingga desa.

Kemudian, ada juga aspirasi yang disampaikan oleh kepala lingkungan, dusun, serta kelompok terkait seperti PKK, dan pihak keamanan.

Dalam pelaksanaan reses, anggota DPRD juga mensosialisasikan tentang produk hukum daerah, dan kebijakan yang telah dibuat serta dirumuskannya bersama pemerintah.

“Kemudian, kami juga mensosialasikan tentang kegiatan program partai sebagai ajang silaturahmi antara anggota DPRD dengan masyarakat,” ucap Alfres.

Menurutnya, pada reses tersebut masyarakat diberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi anggota DPRD, sebagai pembuat aturan daerah, serta pengawasan terhadap kebijakan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Proses pelaksanaan reses dilakukan dengan mengundang peserta reses, yaitu para penerima dampak daripada pembangunan yang ada di wilayah Parimo, seperti kelompok tani, nelayan, pengusaha dan masyarakat lainnya,” tuturnya.

Dia menambahkan, berbagai kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam bentuk masalah atau usulan kegiatan, akan menjadi rekomendasi setiap anggota DPRD untuk dilaporkan kepada pimpinan dalam rapat.

Hal itu telah dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD, dan selanjutnya akan disampaikan kepada pemerintah Parimo.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polri Bongkar 405 kasus TPPO Selama Periode 2020-2023

5 Mei 2023 - 20:44

Lestari Harap Pemerintah Fokus Pembangunan Budi Pekerti SDM Nasional

28 Februari 2023 - 20:04

Mahamuddin Ahmad : Kedatangan Anies Baswedan pada Munas KAHMI XI di Palu, Ajang Pengobat Rindu Bagi Kader HMI

23 November 2022 - 23:05

Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 1 Agustus 2022 : Sembuh 60 Orang, Konfirmasi 22 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes

15 November 2022 - 14:47

BPMP Sulteng Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022 - 20:29

Hari Ulang Tahun Stasiun Televisi Pertama di Indonesia

24 Agustus 2022 - 21:55

Trending di Ragam