Hari Bhayangkara 2021, Ini Sederet Pesan Jokowi Kepada Polri

oleh -
Foto : Istimewa

Berita Nasional – Presiden RI Joko Widodo pada hari ini memimpin upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Bhayangkara di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 75 dan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras jajaran Polri dalam menangani pandemi Covid-19,” kata Jokowi, Kamis (1/7/2021).

Jokowi meminta Polri beserta jajarannya agar tidak lengah menjalankan tugas pokoknya. Polri diminta untuk tidak lengah dalam melakukan penegakan hukum dan memberikan perlindungan ke masyarakat.

Jokowi juga meminta aparat kepolisian untuk belajar menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin berkembang. Bukan tidak mungkin, hal tersebut bisa menjadi ancaman nyata di masa depan.

“Bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat bangsa dan negara juga semakin kompleks. Polri harus berpacu menguasai IPTEK agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir,” kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu pun mengingatkan Polri agar bijak dalam menggunakan kewenangannya saat melakukan penangkapan, penahanan hingga penggeledahan. Sebab, lanjutnya, Indonesia merupakan negara demokrasi.

“Ingat bahwa negara kita adalah negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia,” kata dia.

Jokowi meminta agar Polri tidak hanya tampil tegas dan tanpa pandang bulu. Polri, kata dia, juga harus tampil sebagai pengayom, berwajah ramah dan presisi.

“Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.