Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 10 Feb 2022

GMBI Anugerahi SMP Negeri 1 Parigi Penghargaan


 GMBI Anugerahi SMP Negeri 1 Parigi Penghargaan Perbesar

PARIGI – SMP Negeri 1 Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah aktif literasi nasional dari Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI), dan program Gerakan Siswa Menulis Buku Nasional (GSMBN).

banner DiDisdik

“Penghargaan yang kami dapatkan berupa plakat dan juga diberikan 100 buah buku puisi hasil karya siswa SMPN 1 Parigi sebagai referensi Perpustakaan,” kata Kepala SMPN 1 Parigi, Ikbal Abdul Azis Maro, S.pd, saat ditemui di Parigi, Kamis (10/2).

Menurut dia, penghargaan ini diberikan setelah dilakukan proses penilaian beberapa waktu lalu, dan juga melihat aktifitas pelajar dalam melakukan gerakan.

“Kegiatan literasi kepada siswa dilakukan tidak hanya dalam waktu ini saja. Namun, telah menjadi kegiatan rutin setiap akan dilaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, SMP Negeri 1 Parigi melibatkan sebanyak 100 orang siswa dari semua jenjang kelas, dan tiga orang guru. Kemudian, dari ratusan jumlah siswa itu mereka mambuat salah satu karya dalam bentuk puisi yang diterbitkan oleh lembaga Nyalanesia.

banner Dinas Kesehatan

Dia menjelaskan, GSMBN merupakan program membangkitkan semangat dan kegiatan literasi sekolah yang dikembangkan oleh lembaga Nyalanesia. Kemudian, bentuk kerjasama yang dilaksanakan adalah, kegiatan pengembangan bakat dan potensi siswa serta pembimbingan di bidang karya tulis.

“Sehingga, dari pembimbingan dibidang karya tulis ini pihak lembaga Nyalanesia menyeleksi hasil karya siswa. Selanjutnya diikutkan dalam lomba puisi secara keseluruhan. Kami mendapatkan tiga orang siswa terbaik dalam penulisan puisi.” ujarnya.

Ikbal menambahkan, launching buku pertama hasil karya dari siswa SMPN 1 Parigi ini, bukan merupakan hal yang pertama dan terakhir. Tetapi, hal ini diharapkan tetap berkelanjutan setiap tahunnya.

“Saya berharap, ada hasil karya siswa-siswi berikutnya, dan bagaimana anak-anak kita dari tahun ke tahun bisa berkarya dan bisa menciptakan banyak buku.” harapnya.

Sehingga diharapkan, buku tersebut bukan hanya bermanfaat sebagai referensi perpustakaan SMPN 1 Parigi saja. Tetapi bisa memberikan motivasi terhadap seluruh sekolah yang ada di Parimo. (SB)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polri Bongkar 405 kasus TPPO Selama Periode 2020-2023

5 Mei 2023 - 20:44

Lestari Harap Pemerintah Fokus Pembangunan Budi Pekerti SDM Nasional

28 Februari 2023 - 20:04

Mahamuddin Ahmad : Kedatangan Anies Baswedan pada Munas KAHMI XI di Palu, Ajang Pengobat Rindu Bagi Kader HMI

23 November 2022 - 23:05

Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 1 Agustus 2022 : Sembuh 60 Orang, Konfirmasi 22 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes

15 November 2022 - 14:47

BPMP Sulteng Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022 - 20:29

Hari Ulang Tahun Stasiun Televisi Pertama di Indonesia

24 Agustus 2022 - 21:55

Trending di Ragam