Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 13 Jul 2021

Genjot Kunjungan Wisatawan, Parigi Moutong Kembangkan Wisata Selam dan Paralayang


 Genjot Kunjungan Wisatawan, Parigi Moutong Kembangkan Wisata Selam dan Paralayang Perbesar

Berita Parigi Moutong – Pemerintah Kabupaten Parigi MoutongSulawesi Tengah mengembangkan sektor wisata bahari lewat olahraga ekstrem menyelam (diving) dan paralayang, guna menari minat kunjungan wisatawan ke kabupaten itu.

banner DiDisdik

“Kami sudah menyiapkan landasan paralayang, begitu pun kegiatan penyelaman. Dua olahraga ini sebagai bagian dari strategi promosi pariwisata,” kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu di momen peluncuran sekolah penyelaman dan paralayang di Parigi Moutong, yang dilansir dari travel.okezone.com, Selasa 13 Juli 2021.

Menurut bupati, daerah yang dipimpinya memiliki banyak potensi pariwisata mulai dari wisata alam, bahari hingga kuliner namun belum terkelola secara maksimal.

Saat ini, Pemkab setempat sedang fokus mengembangkan dua objek sekaligus yakni wisata alam dan bahari yang aksesnya saling berdekatan dan mudah di jangkau wisatawan, berlokasi di Kecamatan Tinombo.

“Dua lokasi ini sangat mudah dijangkau. Wisata alam misalnya, promosi lewat olahraga paralayang, kemudian wisata bahari lewat kegiatan diving, bahkan kami membuka sekolah kedua olahraga ini namun bukan dalam bentuk pendidikan formal,” ujar Samsurizal.

banner Dinas Kesehatan

Pada objek bahari sekolah penyelaman menggunakan metode Artificial Reef atau dikenal dengan istilah terumbu karang buatan, merupakan salah satu model yang bertujuan untuk mencoba mengembalikan fungsi biologi ekosistem terumbu karang.

“Parigi Moutong memiliki sejumlah spot penyelaman, salah satunya yang saat ini dijadikan sebagai tempat latihan diving di Pantai Lolaro Kecamatan Tinombo dan keindahan bawah lautnya tidak kalah dengan daerah-daerah lain,” ucap Samsurizal.

Bupati berharap, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Parigi Moutong mendukung pengembangan sektor pariwisata daerah, yang tidak lain dari sektor itu dapat membantu kesejahteraan masyarakat setempat.

Menurut dia, kegiatan diving dan paralayang sengaja diadakan di kabupaten itu, selain masing-masing spot berdekatan juga dibutuhkan dalam pengembangan kepariwisataan.

Atas dasar tersebut, Bupati Parigi Moutong mencoba menyelaraskan dengan program Pemda dengan harapan target setiap hari paling tidak tujuh kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) datang mencoba dua olahraga tersebut sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian dan menikmati keindahan bawah laut Teluk Tomini.

“Apa yang kami lakukan saat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi daerah dan masyarakat Parigi Moutong. Pengembangan pariwisata selain untuk penambah pendapatan daerah juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Samsurizal.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan