Gabungan Personil TNI-POLRI Parimo Siap Amankan Pilkades Di 58 Desa

oleh -
Gabungan Personil TNI-Polri Parimo Siap Amankan Pilkades di 58 Desa (FOTO : HUMAS PEMDA PARIMO)

PARIGI MOUTONG – Polres Parigi Moutong gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Parigi Moutong. Sebanyak 135 personil gabungan TNI – POLRI diterjunkan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi desa tersebut.

Apel pelepasan pasukan pengamanan TPS dipimpin Wakapolres Parigi Moutong Kompol I Wayan Pasek S.Sos,  turut menghadiri Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Setda Parigi Moutong Drs.H.Samin Latandu, Perwira Penghubung TNI Kodim 1306/Donggala Mayor inf. F. M. Rompis serta sejumlah kepala OPD. Prosesi pelepasan pasukan pengamanan yang dilaksanakan bertempat dilokasi halaman MabesPolres Parigi Moutong, jumat (26/3/2021).

Wakapolres Parigi Moutong Kompol I Wayan Pasek S.Sos, menyampaikan Polres Parigi Moutong megerahkan 135 personil untuk mengamankan tahap pungut suara yang dilaksanakan di 58 Desa yang tersebar di 18 kecamatan dengan jumlah 118 TPS yang ada.

Wakapolres mengatakan dengan mencermati pelaksanaan Pilkades di beberapa daerah di Indonesia ada beberapa kelemahan untuk dijadikan acuan perbaikan dan penyempurnaan Pilkades serentak di Kabupaten Parimo antara lain kemungkinan adanya dukungan yang bersifat fiktif terhadap calon kepala desa, kemungkinan adanya daftar pemilih yang nama serta identitasnya sama atau lebih dari satu dan tercatat dalam daftar pemilih.

Wakapolres meminta kepada panitia pemilihan kepala desa serta seluruh stakeholder lainnya untuk mengantisipasi kekurangan yang akan terjadi saat sebelum dan sesudah perhelatan Pilkades. Selain itu, pentingnya menjaga keamanan, kelancaran dan kenyamanan dalam semua tahapan Pilkades.

Wakapolres menegaskan kepada panitia pelaksana serta stakeholder lainya untuk melakukan verifikasi secara cermat, baik administrasi maupun faktual, melakukan verifikasi secara cermat terhadap masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih sebelum ditetapkan dalam daftar pemilih tetap sehingga tidak adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat, agar dikontrol  dan diawasi dalam pengadaan atau pencetakan kartu suara juga memperhatikan protokol kesehatan.

“Perlengkapan penunjang lain yang harus ada di TPS seperti ember tong air pencuci tangan, sabun, tisu, handsanitizer, alat termogran, penyemprotan disinfektan, masker, sarung tangan, bilik suara bagi pemilih yang suhu tubuh yang diatas 37,3 drajat dan pastikan area sekitar area TPS telah disemprot dengan disinfektan sebelum pelaksanaan pemilihan dilakukan,” tandasnya.

Kemudian terhadap kandidat dan tim penanganan diminta agar kedepankan semangat persaudaraan dan kebersamaan, hindari sikap arogan dan memaksakan kehendak dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi, hindari kampanye hitam yang mendeskreditkan kandidat tertentu, dan juga hindari politik uang, hindari arak arakan konvoi yang mengganggu arus lalu lintas dan pengguna jalan lainnya. (SUMBER : HUMAS PEMDA PARIMO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *