Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 13 Jul 2021

Enam Rumah Warga Kecamatan Tomini Rusak Berat Akibat Banjir


					Foto : Banjir mengakibatkan enam rumah warga setempat rusak berat. Banjir terjadi di beberapa desa yang berada di Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. (BPBD Provinsi Sulawesi Tengah) Perbesar

Foto : Banjir mengakibatkan enam rumah warga setempat rusak berat. Banjir terjadi di beberapa desa yang berada di Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. (BPBD Provinsi Sulawesi Tengah)

Berita Parigi Moutong – Banjir mengakibatkan enam rumah warga setempat rusak berat. Banjir terjadi di beberapa desa yang berada di Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Senin malam (12/7).

banner DiDisdik

Pusdalops BPBD Provinsi Sulawesi Tengah juga menginformasikan tujuh rumah warga lainnya rusak ringan. Selain itu, sekitar 100 unit rumah terdampak akibat banjir yang terjadi pada pukul 19.30 waktu setempat. Sedangkan desa terdampak, BPBD Provinisi mencatat empat desa di Kecamatan Tomini, yaitu Desa Ogotomubu, Ogotomubu Barat, Tilung dan Ta’aniuge.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong masih melakukan kaji cepat di lapangan untuk mendata korban terdampak maupun kebutuhan darurat terhadap warga. Data sementara, kebutuhan mendesak meliputi tenda, selimut, pakaian dan makanan siap saji.

Berdasarkan informasi BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, banjir yang melanda kecamatan ini dipicu oleh hujan terus menerus di wilayah Parigi Moutong. Durasi hujan menyebabkan debit air sungai meluap. Saat banjir ketinggian muka air antara 30 hingga 80 cm.

Kondisi terkini menyebutkan hujan sudah mulai reda. Banjir telah surat dan tidak lagi menggenangi jalan trans di wilayah terdampak.

banner Dinas Kesehatan

Peringatan dini cuaca BMKG mengidentifikasi pada esok hari (14/7) wilayah Sulawesi Tengah masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Meskipun wilayah Kecamatan Tomini terpantau berawan pada esok hari, BNPB mengimbau BPBD di wilayah Sulawesi Tengah untuk tetap waspada dan siaga, khususnya dalam memberikan peringatan dini bahaya banjir kepada masyarakat.

Analisis inaRISK mencatat 22 wilayah kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong yang berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Potensi luas bahaya banjir di sejumlah kecamatan tersebut mencapai ribuan hektar.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Mencengangkan, Sekelas BKPSDM Parimo Akui Keliru Terbitkan Tanggal SK Pemberhentian Pejabat Eselon 2

17 Februari 2023 - 00:14

Pejabat Eselon 2 Yang Dinonaktifkan, Pidanakan Bupati  Parigi Moutong

16 Februari 2023 - 17:48

Disdukcapil Parimo Sasar Siswa Rekam KTP

13 Februari 2023 - 21:15

Indonesia Siapkan Bantuan Uang Tunai Masing-Masing 1 Juta Dolar AS untuk Turki dan Suriah

11 Februari 2023 - 13:47

KTT G20, Jokowi: Kita Perlu WHO Yang Kuat dan Bertaring

15 November 2022 - 16:07

Urai Kemacetan Pantura, Tol Semarang-Demak Seksi II Siap Dibuka

14 November 2022 - 17:24

Trending di Pemerintahan