Empat Program Prioritas Desa Pande Lalap

oleh -15 views
Sekdes Pandelalap Suaib

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Penanganan stunting, Pemberdayaan masyarakat berupa bantuan ternak, pembuatan plat duiker dan penenarangan jalan adalah program prioritas Desa Pande Lalap Kecamatan Moutong di tahun 2020 ini.

Hal itu diungkapkan Sekdes Pande Lalap, Suaib, saat ditemui media di ruang kerjanya jumat kemarin. Suaib mengatakan dalam program penangan stunting di tahun 2020 ini, Pemdes Pande Lalap akan mengadakan jamban keluarga sebanyak 30 unit yang terbagi di tiga dusun.

“Namun untuk jumlah di masing-dusun itu belum bisa di pastikan sebab kami masih menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di tiap dusun,” ungkapnya.

Kata dia, progam stunting ini sudah menjadi program nasional, oleh karena itu anggaran dari Dana Desa 40% yang keluar di tahap I ini diperuntukan pengadaan jamban keluarga.

Lanjut dia, jamban keluarga ini baru di programkan di tahun 2020, untuk biaya pembuatan jamban keluarga masih menunggu penetapam RKPDes.

“Kami belum bisa pastikan sebab kami belum penetapan RKPDes untuk anggaran
2020,” ujarnya.

Selain itu, untuk pemberdayaan masyarakat, Pemdes Pande Lalap memberikan bantuan ternak sapi sebagai program lanjutan dari tahun 2019 untuk masyarakat yang masi berekonomi lemah. Di tahun 2019 kemarin kata dia, ada 13 ekor sapi yang diberikan kepada masyarakat sebagai bantuan peningkatan ekonomi warga.

“Untuk tahun ini kami masi melakukan pendataan kepada masyarakat yang memang layak mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Jumlahnya kata dia, akan disesuaikan dengan masyarakat yang layak mendapatkan. Selain hewan ternak sapi, Pemdes juga menambahkan program pemberdayaan yaitu pembuatan minyak kelapa kampung bagi ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan.

Dari segi pembangunan fisik, pihaknya di tahun 2020 ini mengadakan Plat Duiker yang berada di dusun II menuju jalan kantong produksi yang kemungkinan dilaksanakan di tahap II.

“Sebenarnya Plat Deker ini akan kami bangun di dusun I, di karenakan memotong jalan daerah sehingga Plat Deker tersebut kami bangun di dusun II yang tepat di jalan menuju kantong produksi pekerjaan ini kemungkinan akan kami laksanakan di tahap II dan untuk anggarannya berdasarkan pagu 2019 itu sekitar 20 juta lebih,” jelasnya

Kemudian dalam pembanguan lainnya Pemdes Pande Lalap mengadakan program Penerangan Jalan atau Lampu Jalan yang menggunakan tenaga surya.

“Kami mendapatkan bantuan dari dinas terkait sebanyak 7 unit lampu jalan tenaga surya dan kami akan menambah 3 unit, akan kami pasangkan di 10 titik di Desa Pande Lalap ini,” kata dia.

Pihaknya berharap, dengan adanya Dana Desa tahun 2020 yang kurang lebih Rp. 1.091.897.110, semua program bisa menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Kalau Dana Desa ini sudah di tiadakan oleh Pemerintah Pusat, tentunya kita akan sulit menentukan program apa yang harus di lakukan untuk masyarakat, itulah sebabnya harus digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *