Dukung Program Stop BABS, DPUPRP Parimo Programkan Sarana Jamban Individu

oleh -
Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong, Vadlon (FOTO : FARA)

Laporan : Faradiba

Berita Parigi Moutong – Guna mendukung program Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) serta program penanganan stunting lewat pemenuhan infrastruktur desa, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, memberikan fokus program sarana air bersih dan jamban individu.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong, Vadlon kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Vadlon menjelaskan, sejumlah daerah yang menjadi lokus Stop BABS dan stunting di Kabupaten Parigi Moutong, pihaknya sudah siap dengan data dan daftar desa yang telah tertangani infrakstrukturnya, terutama air bersih dan jamban individu.

“Untuk stunting, saat menerima informasi dari Kementerian Kesehatan melalui Satker APBN Palu, mereka sudah jelaskan ada 10 desa itu dan dari nama-nama desa itu kami memang sudah intervensi,” jelasnya.

Dibeberapa desa kata Vadlon, yang masuk dalam lokus penanganan stunting sudah ada program jamban individual dan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) secara bertahap baik dari DD sharing APBD atau dari APBN sharing APBD.

“Kita cuman program penunjang secara fisik, yang pasti kita mendukung program Stop BABS dan stunting ini, karena stunting ini kan kita ketahui bersama adalah program prioritas nasional dan Parigi Moutong adalah salah satu daerah yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut,” tandasnya.

Jadi, kedepan infrastruktur jamban diberikan per rumah tangga atau individu. Sebelumnya kata dia, program jamban diberikan bukan per rumah tangga sehingga diakui tidak semua menggunakan dan menjaga fasilitas tersebut .

Program jamban keluarga ini kata Valdlon, sangat cocok untuk mendukung penanganan Stunting dan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Baca juga Parigi Moutong Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

Baca juga Pekerjaan Tujuh Paket MCK Hampir Rampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *