DPRD Imbau Dukcapil Dekatkan Layanan Terintegrasi

oleh -1 views
Ketua Komisi IV DPRD Parigi Moutong Feri Budi Utomo

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Komisi IV DPRD kabupaten Parigi Moutong selaku mitra Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), mengimbau agar Dukcapil mendekatkan layanan terintegrasi dengan instansi atau OPD yang ada kaitannya dengan pelayanan dasar masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi IV Feri Budi Utomo kepada Beritaplano.com saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini. Dikatakannya, pihaknya sudah melihat kerja-kerja Dukcapil untuk mendekatkan pelayanan dokumen kependudukan hanya saja, belum menyentuh semua lini kebutuhan masyarakat.

Contohnya kata dia, mendekatkan layanan dokumen kependudukan di semua Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, seperti apa yang sudah pernah dilakukan di RSUD Anutaloko Parigi.

“Dokumen kependudukan ini dibutuhkan dihampir semua layanan dasar masyarakat, itulah kenapa mendekatkan layanan pembuatan dokumen kependudukan sangat penting. Namun sifatnya harus menyeluruh, kalau tidak persoalan ini tidak akan pernah selesai, ” ujarnya.

Sementara itu, anggota komisi IV H.Wardi menambahkan, pentingnya membuka dan mendekatkan pelayanan dokumen kependudukan seperti di RSUD Anutaloko. Hanya saja kata dia, pelayanan sebaiknya dibuka sama seperti di Kantor Dukcapil, setiap hari kerja dengan jam kerja yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.  

“Kalau sekadar dibuka kemudian staf yang ditempatkan disana juga tidak konsisten dengan jam kerja, sama saja. Terpaksa masyarakat yang berurusan di RS harus ke Kantor Dukcapil lagi. Panjangnya birokrasi yang mau dipangkas jadi tidak efektif, maka dibutuhkan komitmen,” ujar politisi kader PKB itu.

Ditanya terkait dukungan komisi mitra untuk Dukcapil, H.Wardi mengatakan, komisi IV tentu memandang serius urusan dasar masyarakat, seperti terpenuhinya hak warga negara untuk memperoleh dokumen kependudukan dengan mudah dan gratis, sebagaimana yang telah diatur oleh Undang-Undang.

Diketahui, Dukcapil telah melakukan berbagai terobosan untuk mendekatkan layanan dokumen kependudukan masyarakat. Misalnya membuka layanan keliling secara konsisten sejak tahun lalu, membuka layanan di RSUD Anutaloko dan membuka kantor perwakilan di Tinombo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *