DLH Susun Dokumen Revisi KLHS

oleh -
Idrus : Pengusaha Wajib Miliki Izin Lingkungan
Kepala Bidang Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup, Muh.Idrus S,Pi, M.A.P

Parigi Moutong – Tahun 2021 ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parigi Moutong, akan menyusun revisi dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Dokumen ini harus ikut direvisi, setelah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Parigi Moutong direvisi.

Demikian kata Kepala Bidang Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup, Muh.Idrus S,Pi, M.A.P kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/1/2021).

Idrus mengatakan, pada Bidang Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup yang dipimpinya itu, karena minimnya anggaran yang diberikan maka pihaknya akan melaksanakan program yang paling prioritas.

“Untuk DLH khususnya pada bidang ini, anggaran tersedot dipembuatan dokumen KLHS yang akan digunakan untuk revisi RPJMD. Dokumen ini penting karena masuk di bab III RPJMD, maka tahun ini dibuat revisinya,” jelas Idrus.

Sebenarnya kata Idrus, ada juga dokumen lain yang sangat dibutuhkan, hanya saja masih menunggu ketersediaan anggaran. Misalnya,  dokumen Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH).

Dijelaskannya, dokumen D3TLH ini menjadi langkah awal sebelum  masuk ke pembuatan dokumen peraturan daerah (Perda) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH).

“D3TLH ini penting. Contoh, itu bisa jadi patokan penentu kebijakan untuk mengetahui boleh tidak sebuah tempat dikelolah. Ini bisa jadi data mengeluarkan rekomendasi. Misal, kami bisa bilang jangan perluas pengelolaan kawasan itu, daya tampungnya sudah tidak cukup dan daya dukungnya sudah tidak memungkinkan, itu fungsinya,” bebernya.

Idrus berharap, program yang direncanakan untuk tahun 2021 ini bisa terlaksana dan mendapatkan dukungan anggaran yang cukup.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *