Dispusaka Tidak Punya Tenaga Arsiparis

oleh -0 views
Eni Sosilowati (Foto : Ist)

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Parigi Moutong saat ini tidak memiliki tenaga arsiparis. Kondisi seperti ini sebaiknya segera diantisipasi, mengingat hanya tenaga arsiparis yang memiliki lisensi secara hukum memverifikasi arsip tertentu.

Ditanya terkait itu, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemanfaatan Arsip Eny Sosilowati kepada Beritaplano.com mengatakan, hal itu sudah menjadi perhatian serius Dispusaka dan melalui Kepala Dispusaka telah dilakukan kordinasi juga telaan staf.

“sebelumnya kita punya satu tenaga arsiparis dan sudah ke Solo, sekarang memang kita tidak punya arsiparis lagi. Tenaga arsiparis sangat penting untuk memferivikasi arsip yang memiliki lisensi secara hukum,” ujarnya.

Menurutnya, Dispusaka saat ini memiliki tiga staf handal yang terlatih mengurus arsip,  hanya saja kata dia, belum menjadi arsiparis. Untuk menjadikan mereka arsiparis, daerah harus mengirim mereka untuk mengikuti pelatihan dan mengikuti sederetan uji kompetensi.

“Kami punya staf arsip yang handal, ada tiga orang tapi mereka harus mengikuti pelatihan dan uji kompetensi dulu baru bisa menjadi arsiparis.  Daerah bisa mengirim dengan pembiayaan APBD. Maka pimpinan kami (Kepala Dispusaka Mawardin Tjambaru), telah menjadikan ini salah satu perhatian serius,” ungkapnya.

Eny menambahkan, ada pengelolaan arsip tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh arsiparis, lisensi secara hukum dibutuhkan saat misalnya yang berkaitan dengan dokumen negara/daerah yang bersifat sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *