Disdikbud Selesaikan Masalah CPNS Terkendala Dapodik

oleh -
Disdikbud Selesaikan Masalah CPNS Terkendala Dapodik
Disdikbud Selesaikan Masalah CPNS Terkendala Dapodik (Foto : Zahra Syafira)

Liputan: Zahra Syafira

Parigi Moutong– Sebanyak 30 orang dari 139 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tenaga pendidik penempatan Parigi Moutong mengalami kendala di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Padahal kesesuaian Dapodik menjadi salah satu syarat untuk mengikuti pelatihan dasar (Latsar) bagi CPNS setelah menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan.

Terkait itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong mengadakan rapat di aula SMP Negeri 2 Parigi, Selasa (9/2/2021) guna mencari solusi bersama.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sunarti mewakili pimpinan Disdikbud, Kepala Sekolah, operator sekolah dan CPNS yang bermasalah Dapodik.

“Jumlah CPNS 2019  yang masuk ke sekolah SD maupun SMP ada 139 orang. Sekitar 30 orang yang masih belum memenuhi data Dapodiknya. Itu yang akan kita carikan solusi dalam rapat bersama ini supaya mereka tidak menemui kendala untuk mengikuti Latsar,” demikian diungkapkan Sunarti kepada Beritaplano.com yang ditemui usai pertemuan itu.

Lanjut Ia, sebelumnya Disdikbud menerima laporan dari sejumlah CPNS bahwa kuota jam mengajar mereka tidak terpenuhi, sehingga Dapodiknya tidak valid. Hal itu dikarenakan sekolah penempatan mereka sudah cukup jumlah guru mata pelajaran. Maka Disdikbud berinisiatif mengumpulkan semua pihak terkait untuk mencari solusi bersama.

“Kendalanya itu mereka tidak valid di Dapodik, pemenuhan data dapodiknya ada pada jam mengajar karena sekolah yang mereka tempati sesuai SK itu ternyata gurunya sudah penuh,” bebernya.

Setelah dilakukan pertemuan, kata Sunarti, akhirnya ditemukan solusi bersama yang tidak merugikan pihak manapun juga.

Dikatakannya, rapat dengan agenda yang sama juga dilakukan di wilayah utara. Sebab 30 CPNS yang bermasalah di Dapodik ini tersebar di 23 kecamatan.

“Hari ini yang ikut rapat dari wilayah Tinombo Selatan sampai Sausu. Besok (hari inired) wilayah Sidoan sampai Moutong diadakan di SMP 1 Palasa,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.