Diresmikanya KBN, Desa Tambu Jadi Binaan TNI AL

oleh -
Diresmikanya KBN, Desa Tambu Jadi Binaan TNI AL (FOTO: HUMAS PEMDA PARIMO)

PARIGI MOUTONG– Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai,SE bersama Komandan Pangkalan TNI AL Palu ,  Kolonel Marinir Luther Ginting,M.Tr.Hanla resmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Tambu. Selasa, (29/6/2021).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Badrun Nggai mengatakan, adanya kegiatan ini dapat memberikan keamanan terhadap wilayah laut Parigi Moutong  terutama mangrove dan juga terumbu karang yang ada dipesisir pantai Teluk Tomini.

Program KBN yang dilaksanakan oleh TNI AL Palu juga selaras dengan program pemerintah daerah seperti pemberdayaan masyarakat pesisir.

Selain itu kata Wabup, kawasan pesisir laut di Parigi Moutong memiliki potensi yang sangat luar biasa jika dikelola dengan baik dan juga akan memberikan manfaat serta memberikan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi masyarakat Desa Tambu.

“Atas nama pemerintah daerah terus mendukung apa yang telah dilakukan TNI AL pada kegiatan KBN ini, karena salah satu tujuan diselenggarakannya KBN ini untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir pantai sehingga dapat merubah kondisi pesisir pantai menjadi lebih baik lagi, dan tentunya menjadi salah satu harapan pemerintah daerah kedepan,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL Palu, Kolonel Marinir Luther Ginting,M.Tr.Hanla dalam sambutanya mengatakan dipilihnya Desa Tambu sebagai pusat desa binaan dalam program kegiatan kampung bahari nusantara karena Desa Tambu masuk dalam beberapa kriteria dalam program KBN.

“KBN adalah pemberdayaan masyarakat pesisir agar potensi daerah ini dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga nantinya masyarakat bisa sejahtera,” tuturnya.

Disampaikannya bahawa bentuk pembinaan TNI AL pada KBN adalah menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung meliputi beberapa klaster diantaranya klaster pendidikan, ekonomi, kesehatan, periwisata.

Klaster pendidikan yaitu meningkatkan pendidikan masyarakat dengan mendirikan rumah pintar, klaster kesehatan melalui kegiatan bakti sosial seperti memberikan pelayanan kesehatan dan juga kegiatan sunatan massal,klaster pariwisata guna menciptakan desa sebagai destinasi pariwisata.

“Kegiatan yg dilaksanakan dari klaster pariwisata ini meliputi pelatihan selam, wisata olah raga Paramotor,” kata ia.

Sedangkan untuk klaster ekonomi, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan kelompok usaha mikro kecil menengah seperti menanam terumbu karang dan mangrove serta karamba jaring apung.

besar harapan dengan kegiatan KBN ini kata Luther Ginting bisa membantu pemerintah daerah dalam mensejahtetakan masyarakat pesisir. (SUMBER : HUMAS PEMDA PARIMO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.