Dinas Dukcapil Terbitkan Seribu Lebih KIA

oleh -
Dukcapil Tidak Lagi Mengeluarkan Suket Perekaman

Reporter : Eli

PLANO, Parigi Moutong – Terhitung sampai hari jumat (24/10) kemarin Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sudah mengeluarkan/ mencetak  seribu lebih keping Kartu Identitas Anak (KIA).

“Apabila ada anak yang dilaporkan usia nol sampai empat tahun langsung kami cetak KIA-nya jadi tidak menunggu lagi,” ujar Kepala Dinas DUkcapil ir.Lewis kepada Beritaplano.com saat ditemui di ruang pelayanan KTP, jumat kemarin.

Dia menambahkan,  untuk anak usia lima sampai enam tahun, diwajibkan menyertakan foto anak sehingga Dinas Dukcapil tidak dapat langsung mencetak KIA sebelum diajukan oleh pemohon yang ingin membuat KIA.

“Kalau ananda umur lima sampai enam tahun ke atas itu ada persyaratan fotonya, itu yang sering terjadi kendala dipemohon. Mungkin mereka tidak menyiapkan pas fotonya saat datang kesini, kalau mereka sudah menyiapkan dengan pas foto, KIA-nya langsung diterbitkan juga,” jelasnya.  

Terkait kesiapan Dinas Dukcapil untuk melayani permintaan pencetakan KIA, Lewis mengatakan, Dukcapil saat ini memiliki 15 ribu blanko yang siap dicetak.

“Sehingga saya meminta kabidnya untuk berkoordinasi dengan pihak sekolah terutama Dikbud Parigi Moutong untuk meminta bantuan memintakan pas foto untuk menerbitkan KIA untuk anak sekolah mulai dari PAUD sampai dengan SMP,” kata dia.

Lewis berharap, semua pihak terkait bisa ikut mendukung kerja-kerja Dukcapil untuk pemenuhan dokumen kependudukan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *