Dimulai dari Moutong, TP-PKK Kabupaten Lakukan Pembinaan PKK 23 Kecamatan

oleh -2 views

Reporter : Rais H. Rantenai

PLANO, Moutong- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Parigi Moutong melakukan pembinaan program kerja PPK di 23 Kecamatan. Senin, (27/01/2020) kemarin kegiatan perdana digelar untuk PKK Kecamatan Moutong, di gedung BPU Kecamatan Moutong.

Kegiatan pembinaan PKK ini akan di lakukan di 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong yang di mulai dari Kecamatan Moutong dan akan berakhir di Kecamatan Sausu 27 Januari s/d 07 Februari 2020.

Camat Moutong Aftar Muhamad Nusa sekaligus membuka dengan resmi kegiatan pembinaan PKK tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa, pembinaan PKK ini di lakukan karena dari 10 program pokok PKK yang diwajibkan harus dilaksanakan di desa itu belum mencapai 50% yang disebut terlaksana dengan baik.

“Olehnya itu kami berharap dari TP-PKK Kabupaten untuk membina kami di wilayah Kecamatan Moutong ini,” ujar Camat.

Di tahun 2020 ini PKK kata dia, harus terlibat dalam pengentasan penurunan stunting, semua kader harus terlibat dalam program ini dan PKK di setiap desa harus ikut memastikan program itu berjalan atau tidak.

“Harapan kami, PKK wajib ikut dalam setiap program yang sudah di jadwalkan di desa , saya berharap PKK Kecamatan dan PKK Desa bisa membantu Kader ataupun Satgas untuk menuntaskan angka stunting di wilayah Kecamatan Moutong,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong  Dra. Hj. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu mengatakan sehubungan dengan program pemerintah pusat ada 18 desa di Kecamatan Moutong ini termasuk dalam daerah Lokus penanganan stunting .

Kata Noor Wachida, yang menunjuk daerah Lokus itu bukan dari Pemerintah Kabupaten, tetapi dari Pemerintah Pusat. Sehingga diharapkan dari Lokus ini akan menjadi daerah yang lebih bagus dan lebih maju, karena daerah Lokus ini akan di perhatikan oleh pemerintah.

Noor Wachida juga menambahkan, TP-PKK di tunjuk untuk melakukan pembinaan bagi daerah Lokus dan ada tugas khusus bagi PKK.

“Akan diberikan alokasi dana khusus untuk daerah Lokus sehingga kita akan turun langsung ke daerah atau desa yang termasuk dalam lokus. Kami harapkan PKK tingkat Kecamatan harus mempunyai koordinator sampai ke tingkat desa sehingga akan memudahkan kegiatannya. Harapan untuk KPM agar dapat di berikan insentif yang lebih besar karena tanggung jawabnya juga besar,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekdis PMD Kabupaten Parigi Moutong, Yakob mengatakan, terkait dengan PKK dalam rangka penagangan stunting, sesuai petunjuk Bupati melalui Peratura Bupati bahwa ada ketambahan dana untuk PKK yang sebelumnya berjumlah Rp.15.000.000 menjadi Rp.18.000.000.

“Tugas dari pada ibu-ibu PKK itu ditambah.  Kalau pergantian Kepala Desa baru, kami harapkan pengurus PKK jangan semuanya di ganti karena Pembinaan PKK itu setiap tahun dan PKK ini adalah lembaga yang mensukseskan visi misi Kepala Desa,” ungkapnya.

Pertemuan yang berlangsung pukul 08.30 tersebut di hadiri oleh Dinas PMD Parigi Moutong, TP-PKK Kabupaten, Camat Moutong , Pegawai dan Staf Kecamatan Moutong, Kepala Desa beserta perangkat desa se-Kecamatan Moutong termasuk Kader dan Bidan Desa se-Kecamatan Moutong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *