Dikelola Kelompok Sadar Wisata, Air Terjun Baturiti Sudah Dikunjungi 6000 Wisatawan

oleh -82 views
Air Terjun Baturiti (Foto:Istimewa)

Liputan : Eli Leu

Beritaplano, Balinggi – Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, memilki ragam potensi wisata yang layak dikembangkan.  Ada sejumlah kawasan wisata alam yang tidak kalah indah dengan tempat lain namun belum dikenal banyak orang. Selain wisata pantai, Parigi Moutong juga memiliki wisata pegunungan yang identik dengan air terjun, diantaranya air terjun Baturiti yang terletak di Desa Catur Karya, Kecamatan Balinggi.

Air Terjun Baturiti salah satu pesona alam di ujung Selatan Parigi Moutong. Jaraknya  sekitar 120 km dari ibu kota provinsi (Palu), dan 33 km dari Kota Parigi. Terletak di antara perbatasan Desa Tolai, Desa Balinggi dan Desa Beraban menjadikannya salah satu kawasan wisata strategis. Sekitar 2,5 KM dari Jalan Trans Sulawesi, akses jalan sangat mudah sebab bisa dilewati kendaraan roda dua bahkan empat.

Air Terjun Baturiti sudah mulai dipromosikan sejak tahun 2003 oleh masyarakat Desa Catur Karya. Tahun 2009 Air terjun Baturiti semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal, meningkat sampai tahun ini per 19 Januari 2020 terhitung sudah sekitar 6000 pengunjung, berdasarkan jumlah karcis yang keluar.

Daya tarik lainnya dari tempat rekreasi Air Terjun Baturiti, lingkungannya masih asri pertanda dijaga dengan baik, pepohonan rindang menjadikanya sejuk meski matahari sedang cerah-cerahnya, bersih dan fasilitas pendukungnya terus dibenahi. Ada warung, ada WC dan kamar ganti, gazebo, tempat parkir. Terpenting lagi, dikelola dengan baik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Cukup bayar karcis masuk Rp 5000 saja, pengunjung bisa mandi-mandi sepuasnya, pakai fasilitas pendukungnya dan nikmati segala kebaikan alam yang menyegarkan.

Air Terjun Baturiti memang layak dikembangkan karena kawasannya masuk dalam Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) yang di berinama Kawasan PARISTOBA. Untuk diketahui, Kabupaten Parigi Moutong terletak strategis di pesisir Timur Pulau Sulawesi yang membentang sepanjang Teluk Tomini , yang merupakan salah satu Kabupaten dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, memiliki luas wilayah sebesar 6,231.85 kilometer persegi atau sebesar 9,54 Persen dari total wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dengan batas-batas wilayah sebelah utara  Kabupaten Buol, Kabupaten Toli-toli, dan Provinsi Gorontalo, sebelah selatan Kabupaten Poso dan Provinsi Sulawesi Selatan, sebelah barat Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kota Palu dan sebelah timur Teluk Tomini. Kabupaten Parigi Moutong terdiri atas 23 kecamatan, 5 (lima) Kelurahan dan 278 desa dengan jumlah penduduk sebanyak 474,339 jiwa tahun 2018. Wilayah ini terbentang dari Sausu (Kecamatan paling selatan) sampai di Moutong (kecamatan paling utara).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *