Dikbud Fasilitasi Penuntasan Pembangunan Fisik Sekolah

oleh -4 views
Kabid SMP Jalaludin (Foto:Aini)

Reporter : Ain

PLANO, Parigi Moutong –Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Parigi Moutong memfasilitasi sekolah untuk mendapatkan bantuan penuntasan kelengkapan fisik sekolah.

“Kalau dalam fisiknya hampir semua sekolah belum ada penuntasan tetapi semenjak saya menduduki sebagai Kabid saya mempunyai program harus ada sekolah tuntas,” Jelas Kabid SMP Disdik, Jalaludin, S.Pd.,M.Si, Jumat (24/01/20).

Dia mengatakan, terdapat dua program yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai penilaian. Program tersebut yaitu sekolah model dan sekolah rujukan sehingga sekolah yang termasuk dalam kategori tersebut akan mendapatkan bantuan khusus.

Lanjut dia, ada syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah agar dapat dikategorikan sebagai sekolah model maupun sekolah rujukan. Syarat-syarat tersebut yaitu terkait lahan, akreditas, penataan bangunan, luas sekolah, mutu pendidikan, perpustakaan, dan fasilitas- fasilitas pendukung lainnya.

Dikatakannya, ada beberapa sekolah yang telah mendekati ketuntasan. Sekolah tersebut yaitu SMP Neg 1 Parigi,SMP Neg 2 Parigi dan SMP Neg 1 Kasimbar. Tambah dia, besarnya bantuan yang diterima oleh setiap sekolah di daerah Parigi Moutong itu ditentukan oleh Dapodik dan disesuaikan pula dengan kondisi sekolah tersebut.

“Kita di Dinas hanya bertugas untuk memfasilitasi dan mengklarifikasi apakah benar tingkat  kerusakan dan apa yang dibutuhkan, kemudian kita kirim data ke pusat bahwa ini skala prioritas untuk fisiknya,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya tengah menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) bantuan pusat yang berbentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) sesuai dengan kebutuhan daerah yang telah diajukan melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *